Mohon tunggu...
Alfian Takbir
Alfian Takbir Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alfian Takbirryansyah

Manusia

Selanjutnya

Tutup

Money

Bandara Dhoho Kediri, Untuk Apa?

2 November 2021   16:18 Diperbarui: 9 November 2021   08:35 588 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kabupaten Kediri sedang mengebut pembangunan Bandara Dhoho Kediri yang telah dimulai sejak April 2020. Pemerintah Kabupaten Kediri bekerja sama dengan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, PT Gudang Garam Tbk. Seluruh biaya operasional pembangunan dan pengelolaan Bandara Dhoho akan dipegang oleh PT Surya Dhoho Investama, anak usaha PT Gudang Garam Tbk.

Sebenarnya kenapa sih bandara itu penting?

Keberadaan bandara sangat penting, karena bandara menjadi tempat pesawat mendarat dan lepas landas, naik turun penumpang pesawat, hingga bongkar muat barang. Selain itu, keberadaan bandara juga sangat diperlukan oleh negara kepulauan seperti Indonesia. Bandara menjadi penghubung antar wilayah di Indonesia serta meningkatkan kapasitas lalu lintas udara. Maka pembangunan bandara sangat penting sebagai konektivitas dan penunjang aktivitas masyarakat.

Terkait akan pentingnya bandara, lalu apa saja sih dampak dari pembangunan Bandara Dhoho Kediri tersebut?

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kediri

Keberadaan bandara memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat Kediri. Keberadaan bandara membuat banyak orang yang akan datang ke Kediri, hal itu dapat meningkatkan UMKM Kediri. Para pendatang tersebut akan menjadi konsumen baru yang menjanjikan bagi UMKM Kediri yang memiliki produk ciri khas Kediri.

Bahkan selama proses pembangunan bandara, telah banyak pedagang kecil yang terdampak. Banyak sekali masyarakat yang berkumpul di sekitar bandara hanya sekedar ingin melihat pembangunan Bandara Dhoho Kediri. Hal ini tentunya membuat para pedagang kecil sangat senang karena dapat meningkatkan penjualan mereka.

Selain berdampak kepada UMKM dan para pedagang kecil, pembangunan bandara ini juga memberikan manfaat bagi masyarakat yang lahannya terdampak akibat pembangunan bandara. Beberapa masyarakat mendapat uang ganti rugi akibat pembangunan bandara. Walaupun uang mereka akan berkurang untuk biaya tempat tinggal yang baru, namun tetap tersisa cukup banyak yang dapat dimanfaatkan untuk investasi atau modal usaha.

  • Mengurangi pengangguran

Tingkat pengangguran juga akan menurun seiring dengan pembangunan Bandara Dhoho Kediri. Bandara baru ini akan sangat membutuhkan banyak pekerja, baik di sektor pembangunan, pengeloaan maupun pelayanan bandara.

  • Meningkatkan pariwisata ¬†daerah sekitar

Pariwisata Kediri dan sekitarnya, seperti Batu, Malang, Blitar, dan Tulungagung akan mendapat dampak baik dari pembangunan Bandara Dhoho. Bandara yang rencananya akan menjadi bandara internasional ini akan membuat promosi pariwisata daerah sekitar bandara berjalan sangat baik. Kota wisata seperti Batu, Malang pastinya akan kedatangan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara, karena mudahnya akses menuju tempat wisata tersebut.

Selain itu, meningkatnya wisatawan juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk-produk daerah tersebut. Hal ini juga dapat meningkatkan penjualan produk-produk masyarakat di daerah wisata.

  • Mempermudah distribusi barang

Bandara Dhoho Kediri akan berdampak juga terhadap proses distribusi barang dan produk. Seperti yang kita ketahui tempat produksi pabrik rokok terbesar di Indonesia PT Gudang Garam Tbk berada di Kediri, dengan adanya bandara baru ini akan mempermudah proses ekspor impor barang dan produk.

  • Mengurangi kepadatan Bandara Djuanda Surabaya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan