Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Insinyur - Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Saya orang teknik yang cinta dengan dunia literasi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Bekerja Itu Harus Bahagia!

16 Agustus 2021   12:07 Diperbarui: 18 Agustus 2021   10:24 557 45 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bekerja Itu Harus Bahagia!
Ilustrasi bekerja dengan bahagia | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Apakah kamu mahasiswa yang sedang magang di suatu tempat? Ataukah kamu pendatang baru di dunia kerja?

Welcome!  Inilah dunia kerja.

Dunia yang barangkali berbeda dari bayanganmu sebelumnya. Kamu tak perlu lagi mengerjakan PR dari dosen atau gurumu. Tak ada lagi ujian semester. Tak ada lagi kenaikan tingkat atau penerimaan rapor kenaikan kelas. Yang ada hanyalah target.

Kamu tidak lagi dituntut untuk menghasilkan nilai yang bagus. Orang tidak lagi peduli dengan nilai-nilaimu dulu. Ya, bukan nilai melainkan uang. Kamu dituntut untuk menghasilkan uang!

Lho, bukannya kerja untuk cari uang?

Betul. Tetapi sesungguhnya kamu dituntut untuk menghasilkan uang yang lebih banyak supaya dengan demikian pemberi kerja memiliki kemampuan untuk membayar jerih payahmu. Atau kalau kamu beruntung akan ada bonus tambahan untuk hasil keringatmu.

Lebih enak mana, bekerja atau sekolah/kuliah?

Sebagian siswa/mahasiswa mungkin merasa ingin cepat-cepat bisa kerja lantaran merasa sekolah/kuliah itu melelahkan.

Sebaliknya, pekerja ingin kembali ke masa-masa sekolah. Jumlahnya tidak sedikit. Banyak. Barangkali malah semua pekerja begitu. Percayalah. Saya sebagai pekerja juga kadang-kadang begitu. Tapi tidak serius, hanya sebatas nostalgia.

Hakikat bekerja adalah mencari penghidupan. Semua orang harus bekerja untuk mencukupi kebutuhan apapun bentuknya. Bukankah pekerjaan itu adalah sesuatu yang kamu perjuangkan selama dalam masa sekolah?

Ladang pekerjaan mungkin merupakan cita-cita yang sudah kamu pendam sedari dulu. Kamu mungkin sampai harus mengikuti tambahan belajar melalui les. 

Bangun subuh untuk belajar saat akan ujian. Meminjam catatan ke sana ke mari untuk memperlengkapi bahan yang kamu punya. Atau duduk berjam-jam di perpustakaan untuk mendapatkan materi yang bagus untuk presentasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan