Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Orang Teknik yang jatuh cinta dengan sastra adalah saya

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Pilihan

Mayoritas Parpol di Solo Dukung Gibran, Berani Lawan?

29 Juli 2020   08:48 Diperbarui: 29 Juli 2020   08:58 176 31 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mayoritas Parpol di Solo Dukung Gibran, Berani Lawan?
Sumber gambar: Tribunnews.com

Perhelatan Pilkada 2020 akan segera dilangsungkan pada Desember mendatang. Yang paling menyita perhatian nasional tentu adalah majunya Putra Presiden Jokowi sebagai Calon walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. 

Banyaknya pro dan kontra yang mengiringi proses pencalonan Gibran merupakan bumbu yang menarik untuk diulas oleh media nasional bahkan internasional.

Seperti yang telah diberitakan, Gibran Rakabuming Raka akhirnya mendapatkan tiket dari PDIP untuk maju di Pilkada Solo. Ia akan didampingi oleh Teguh Prakosa sebagai calon wakil walikota. 

Pasangan ini bagaikan gula-gula yang menarik semut untuk datang. Hampir semua partai politik yang mempunyai kursi di DPRD Solo merapat untuk mendukung pencalonan Gibran-Teguh Prakosa. Alasannya jelas karena Gibran memiliki kans yang sangat besar untuk menang. 

Mari kita lihat komposisi kursi legislatif di DPRD kota Solo. Dari total 45 kursi, 30 kursi adalah milik PDIP, 5 kursi PKS. Gerindra, Golkar dan PAN masing-masing 3 kursi. Sisanya 1 kursi milik PSI. 

Menilik sususan kursi tersebut sebenarnya PDIP tanpa berkoalisi pun bisa mengusung calon sendiri. Dan tanpa koalisi pun, rasanya sulit mengalahkan PDIP di Solo mengingat Solo merupakan basis kuat partai pimpinan Ibu Mega tersebut.

Partai Pendukung Gibran-Teguh Prakosa

Selain PDIP, beberapa partai sudah menyatakan dukungan kepada pencalonan Gibran. Pada 7 Februari 2020, partai Gerindra melalui ketua DPD Gerindra Jawa Tengah mengungkapkan pertemuannya dengan Ketua Umum Partai, Prabowo Subianto. Dalam pertemuan itu ia mengatakan bahwa Prabowo telah merestui pencalonan Gibran di Pilkada Solo. 

Partai besar lainnya, Golkar pada 20 Juli 2020 juga sudah menyatakan dukungannya terhadap pasangan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa. Pernyataan ini disampaikan melalui Ketua DPD Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono. 

Lalu pada 21 Juli, PAN melalui ketua DPC PAN Solo, Achmad Sapari menyatakan dukungan untuk Gibran. Hal ini meneruskan keputusan DPP Pusat yang telah memberi kesempatan kepada Gibran untuk maju. 

Sedangkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah sejak lama mendukung Gibran. Partai Pimpinan Grace Natalie ini mendukung Gibran bahkan sebelum rekomendasi PDIP terbit. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x