Mohon tunggu...
Alfian Maarif
Alfian Maarif Mohon Tunggu... Dosen - Penulis

Sedang mencoba untuk menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sivitas Akademia UAD Lakukan Pelatihan Teknologi Pompa Air Tenaga Surya untuk Irigasi Sawah

29 November 2021   17:54 Diperbarui: 29 November 2021   23:18 34 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Tim gabungan sivitas akademia Universitas Ahmad Dahlan yang terdiri atas Mahasiswa dan Tenaga Pendidik (Dosen) dari program studi teknik elektro, melakukan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat kelompok tani mekar sari, mlati, sleman, yogyakarta. 

Bentuk program pengabdian masyarakat tersebut adalah pelatihan dan pemberdayaan masyarakat dalam mengimplementasikan teknologi tepat guna yaitu pompa air tenaga surya untuk irigasi sawah.

Alat tersebut merupakan hasil riset penelitian oleh dosen program studi teknik elektro Universitas Ahmad Dahlan, Bapak Alfian Ma'arif, bersama dengan mahasiswa, Tegar Alamsyah. Kelebihan pompa air tenaga surya adalah tidak memerlukan bahan bakar dan listrik PLN. 

Hal tersebut dikarenakan alat menggunakan energi listrik yang berasal dari tenaga surya atau matahari sehingga tidak memerlukan listrik PLN maupun bahan bakar.

Alat menggunakan komponen yang dinamakan dengan panel surya yang berfungsi untuk merubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik untuk menghidupkan pompa air.

Program pengabdian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pengairan irigasi sawah yang masih menggunakan energi fosil yang memiliki gas emisi dan memerlukan biaya untuk membeli bahan bakar. Dengan menggunakan alat ini, biaya yang dikeluarkan oleh petani dapat ditekan.

Dalam program pengabdian ini, masyarakat juga diberi pembekalan materi tentang pentingnya memanfaatkan energi terbarukan yaitu energi surya. 

Pelatihan dilakukan oleh bapak Riky Dwi Puriyanto yang mengatakan bahwa saat ini keberadaan energi fosil semakin menipis dan penggunaan energi fosil berdampak buruk bagi lingkungan, sehingga perlu untuk memanfaatkan energi terbarukan yang ramah lingkungan dan bebas emisi.


Dalam kesempatan ini, tim dosen yaitu bapak Zalik Nuryana mengatakan bahwa pentingnya untuk menjaga lingkungan agar anak cucu kita juga dapat menikmati kelestarian alam. Salah satu nya yaitu dengan menggunakan energi terbarukan yang bebas emisi gas buang yang dapat menimbulkan polusi lingkungan.

Warga antusias dalam dalam mengikuti rangkaian program pengabdian masyarakat yang diadakan pada bulan januari-april 2021. Rencana tindak lanjut ke depan, warga menyarankan untuk membuat pompa air tenaga surya yang memiliki kapasitas lebih besar, sehingga dapat mengairi lebih banyak sawah warga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan