Mohon tunggu...
Alfathannia Kinanti
Alfathannia Kinanti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

hobby saya ketika saya dapat bermanfaat untuk orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Desa Tanpa Kesenjangan KKN Tematik UPI 2022: Mahasiswa Ajak Warga untuk Saling Peduli terhadap Lingkungan Guna Meningkatkan Toleransi di Desa Cimoyan

12 Agustus 2022   22:00 Diperbarui: 12 Agustus 2022   22:34 47 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosialisasi Pentingnya Kebersihan Kepada Anak di SD N Cimoyan (dokpri)

Kesenjangan yang terjadi di Indonesia itu sudah sangat banyak dan kesenjangan akan semakin melebar bila kita tidak mengantisipasi kesenjangan tersebut. Kita itu adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. Kesenjangan sosial merupakan suatu kondisi dimana terdapat ketidaksetaraan dalam kehidupan bermasyarakat di berbagai aspek.

Kondisi tersebut juga dapat dianalogikan dengan adanya jurang pemisah antara masyarakat kelas sosial ke atas dengan masyarakat kelas sosial ke bawah. Di dunia yang kian modern ini, kondisi ini juga masih sangat banyak ditemukan di kehidupan sosial kita terutama kita yang tinggal di negara berkembang.

Kesenjangan sosial tidak hanya terjadi dalam bidang ekonomi saja, tetapi juga di di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan kualitas sumber daya manusia. Untuk itu saya melakukan kegiatan sosialisasi Kesehatan guna meminimalisir terjadinya kesenjangan dalam kehidupan sehari-hari warga, karena Dengan memberi akses yang sama, kesenjangan sosial bisa berkurang karena tidak ada perbedaan di kelompok masyarakat.

Saya melakukan kegiatan berupa mensosialisasikan Kesehatan yang berorientasi pada kebersihan lingkungan pada Kamis,  4 Agustus 2022. Dengan kegiatan seperti ini, misalnya kegiatan gotong royong dalam rangka membersihkan lingkungannya dengan operasi semut dan mensosialisasikan kebersihan mulai dengan mencuci tangan hingga mengecek kebersihan kuku dapat membuat masyarakat paham akan pentingnya bersih dan sehat.

Sosialisasi Kepada Warga Akan Pentingnya Kesadaran Terhadap Lingkungan (dokpri)
Sosialisasi Kepada Warga Akan Pentingnya Kesadaran Terhadap Lingkungan (dokpri)

Pada pelaksanaan kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh ibu-ibu saja tetapi ada Sebagian anak kecil untuk meningkatkan usaha untuk meningkatkan kepedulian Kesehatan sejak dini.

Saya pun mewawancarai salah satu warga Bernama Mak Ita yang mengaku senang dengan kegiatan ini seperti yang diperbincangkan “ senang banget, bisa melakukan kegiatan yang membawa kea rah positif. Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat menjadi saling bantu dan peduli antar lingkungan” ujar Wanita berumur 32 tahun tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan disambut baik dan antusias dengan warga masayarakat setempat diharapkan program seperti ini akan melekat dan terus bergulir demi menjaga sosialisasi yang bai kantar manusia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan