Mohon tunggu...
Suryana Alfathah
Suryana Alfathah Mohon Tunggu... Freelancer - Santrizen Millenial

Orang bodoh yang lagi belajar nulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Konspirasi, Fakta atau Ilusi?

31 Juli 2021   05:33 Diperbarui: 31 Juli 2021   05:38 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konspirasi, Fakta atau Ilusi?
Sumber: behavioralscientist.org

"Cara terbaik menyembunyikan rahasia adalah dengan meletakannya di tempat umum.."

-George Washington (11 Masonic Degree)-

Sewaktu MTs saya pernah membaca buku yang berjudul The Diary of Dajjal, karya Noriagaa & Archenar, penulis berkebangsaan Norwegia (kalo ga salah). Awalnya saya kira isinya cuma tentang kemunculan Dajjal atau tanda-tanda kiamat, ternyata wow lebih fantastis dari pada yang saya kira. Mungkin bagi saya yang belum pernah tau teori-teori konspirasi merasa aneh dan tidak percaya di awal, tetapi semakin kesana pembahasannya semakin seru dan mengungkap beberapa misteri yang menurut saya sangat keren.

Buku itu adalah buku tentang konspirasi yang pertama kali saya baca. Isinya tentang ya, piramid, freemason, sihir musik, obelisk, kakbah, alien, konspirasi WTC dan sebagainya. Banyak fakta-fakta mengejutkan yang tak habis pikir sebelumnya. Seolah semuanya telah diatur dengan matang. Di kata pengantar, sang penulis mengaku bahwa mereka adalah mantan anggota elit yang telah keluar dari kelompok tertentu yang ada dibalik layar dunia. Dari buku ini lah, saya jadi sering browsing tentang misteri-misteri di dunia yang berhubungan dengan konspirasi.

Apa itu konspirasi?

Dalam Oxford Dictionary, Konspirasi adalah A secret plan by a group to do something unlawful or harmful "Rencana rahasia oleh suatu kelompok untuk melakukan sesuatu yang melanggar hukum atau berbahaya".

Sedangkan teori konspirasi adalah teori-teori yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa politik, sosial, atau sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdaya, direncanakan diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa atau berpengaruh.

Fakta atau ilusi?

Masyarakat secara umum mudah sekali ditipu oleh hoax yang bertaburan di dunia maya. Mereka asal melahap segala informasi tanpa mem- filter dan ber-tabayyun terlebih dahulu. 

Akibatnya banyak informasi-informasi bohong yang dipercaya oleh semua orang dan dianggap benar. Biasanya ada oknum tertentu yang menguasai dunia maya, ini juga sudah konspirasi. Kejadian-kejadian yang ada di dunia baik itu politik, sosial, agama yang dianggap ada dalang di dalamnya, maka itulah konspirasi.

Konspirasi bisa saja benar, bisa juga salah. Saya salut dengan salah satu teori konspirasi yang sempat booming pada tahun 2016-2017 an yaitu teori Flat Earth. Setelah saya tonton semua video nya di Youtube, cara berpikir saya jadi berubah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN