Mohon tunggu...
Kesehatan

Suka Lihat Pemandangan? Ternyata Ini Lho Manfaatnya untuk Kesehatan Mata

14 Maret 2018   14:21 Diperbarui: 14 Maret 2018   14:28 1152 0 0 Mohon Tunggu...

Menjaga kesehatan adalah hal yang harus dilakukan setiap orang, baik itu anak-anak atau orangtua sekalipun. Bahkan kesehatan merupakan salah satu hal yang diprioritaskan di dalam kehidupan. Namun, meski menjaga kesehatan adalah hal yang diprioritaskan tetap saja tanpa sadar kita sering melanggarnya. Inilah yang membuat kita rentan terserang penyakit. Apalagi, jika usia kita sudah terbilang lanjut.

Nah, salah satu bagian tubuh yang  sering terkena penyakit untuk kalangan orang dewasa adalah organ mata. Biasanya jika diusia lanjut penyakit mata minus ataupun plus lah yang sering dialami. Ini terjadi karena saat kita memasuki usia dewasa banyak sekali kerjaan yang mengharuskan kita memfungsikannya secara berlebihan.

Untuk menghindari penyakit mata tersebut, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Salah satunya adalah melihat pemandangan alam yang hijau, karena pemandangan yang berwarna hijau itu sehat untuk mata lho. Mau tau apa saja manfaat dari pemandangan alam untuk kesehatan mata? Berikut ulasannya;

1. Melatih Fokus Mata

Beberapa objek di alam, seperti pepohonan, air terjun maupun puncak gunung dapat menjadi sarana untuk melatih fokus mata. Misalnya saat berada di hutan, kamu bisa melihat pohon yang ada di depan mata, kemudian bisa melanjutkan fokus pengelihatan pada benda-benda lain disekitarnya.

2. Mencegah Mata Lelah

Jika kamu terlalu sering menatap layar handphone atau laptop berlama-lama itu berarti kamu harus sering melihat pemandangan alam, agar matamu bisa direlaksasikan. Jadi dengan begitu matamu tidak akan lelah dan menimbulakn mata minus.

3. Menyejukkan Mata

Pemandangan hijau dapat membuat lensa dan kornea mata bekerja lebih santai. Ini karena secara psikologis, warna hijau pada alam dapat memberikan respon alami pada otak, hingga memberikan efek ketenangan.

4. Membuat Kinerja Mata Lebih Normal

Salah satu indikator mata sehat menurut praktisi kesehatan dari WebMD Foundation, Brian S. Boxer Wachler, MD adalah dilihat dari kedipannya. Saat mata berkedip, kelopak mata turut membantu mata melumasi bola mata, sehingga tetap berfungsi secara normal. Nggak susah kok!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x