Mohon tunggu...
Alfarisma Melandika
Alfarisma Melandika Mohon Tunggu... Lainnya - Pecinta kopi, coklat, hujan, dan senja

Terus belajar dan tidak berhenti belajar karena hidup tidak pernah berhenti mengajarkan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pembentukan Karakter Anak melalui Outbound

6 November 2022   17:21 Diperbarui: 7 November 2022   06:49 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu program TK Kartika V-17 Tarakan setiap bulannya adalah belajar di luar kelas. Kebetulan Sabtu kemarin kegiatan mereka adalah outbound

Istilah outbound berasal dari kata outwart bound yang merupakan sebuah ide pendidikan inovatif yang dikreasikan oleh Kurt Hahn. Kurt Hahn adalah seorang berkebangsaan Jerman dan ide pendidikan inovatifnya ini telah bertahan dan berkembang selama lebih dari 60 tahun.
 
Pengertian outbound adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka (outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (outbound games) baik secara individu maupun kelompok. Kegiatan outbound ini bisa diikuti oleh semua kalangan usia, mulai anak usia dini sampai dewasa.

Outbound yang diselenggarakan TK Kartika V-17 Tarakan masih satu lokasi dengan sekolah, yaitu di lingkungan Batalyon 613 Raja Alam. Jadi mereka jalan kaki saja dari sekolah menuju lokasi outbound. Wahana outbound yang ada di Batalyon 613 Raja Alam tersebut merupakan hasil karya para kombet, kombet yang merupakan bahasa Tarakan artinya adalah tentara. Wahana outbound tersebut juga dilengkapi dengan spot foto yang tidak kalah menarik dengan spot foto yang ada di tempat-tempat wisata. Hasil karya yang sangat kreatif dan luar biasa dari para kombet.

dok. Bu Yuli
dok. Bu Yuli
Karena keterbatasan waktu dan banyaknya jumlah siswa, maka outbound kemarin hanya terdiri dari 2 permainan saja, yaitu melewati jembatan gantung dan flying fox. Setelah permainan selesai mereka jalan-jalan dan berfoto di sekitar lokasi outbound bersama guru dan Pak Kombet. Banyak manfaat yang bisa diperoleh bagi anak-anak melalui kegiatan outbound, antara lain:

Menumbuhkan kepercayaan diri

Seorang anak yang awalnya pemalu dan merasa rendah diri, setelah berhasil menyelesaikan permainan dalam outbound akan menjadi lebih percaya diri

Ketidakpercayaan pada kemampuan diri berhasil ditepisnya melalui tantangan yang berhasil dilewatinya melalui permainan outbound.

Mendengarkan pengarahan Pak Tentara (dok. Bu Yuli)
Mendengarkan pengarahan Pak Tentara (dok. Bu Yuli)

Menumbuhkan keberanian

Dua permainan yang dilakukan TK Kartika V-17 Tarakan kemarin adalah melewati jembatan gantung dan flying fox. Tentu saja hal itu membutuhkan keberanian untuk melakukannya, yang mana saat melewati jembatan gantung yang terbuat dari tali dan di bawahnya adalah danau bukan hal yang mudah bagi anak-anak. 

Apalagi saat terjun dari ketinggian flying fox. Dengan mereka berhasil melakukan permainan itu, maka keberanian dalam diri mereka akan tumbuh.

flying fox (dok. Bu Yuli)
flying fox (dok. Bu Yuli)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun