Mohon tunggu...
Alfarabi Maulana
Alfarabi Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas

Asal Cirebon, tapi daerah Sunda. Nulis sana-sini.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Skill Komputer yang Perlu Dikuasai Milenial

15 April 2021   13:29 Diperbarui: 15 April 2021   13:39 1277 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: superprof.co.id 

Komputer merupakan teknologi berupa mesin pengolah data digital yang serbaguna. Zaman sekarang, komputer sering digunakan sebagai pendukung dalam setiap pekerjaan. Setidaknya kamu harus tau bagaimana dasar-dasar dalam menggunakan komputer, barangkali di masa depan kamu akan berurusan dengan komputer untuk kebutuhan pekerjaanmu.

Pada artikel ini, saya akan sedikit memaparkan apa saja yang perlu kamu kuasai dalam ilmu mengoperasikan/memanfaatkan perangkat komputer. Jika kamu seorang muslim, maka artikel ini cocok banget kamu baca di waktu menunggu buka puasa. Itung-itung nambah skill iya kan?

Oke, sebelum memasuki materi, saya akan membagi pembahasan menjadi dua. Berdasarkan dua komponen umum dari komputer, maka pembahasannya juga akan dibagi menjadi dua, yaitu pengoperasian hardware dan software.

Hardware

Hardware merupakan komponen fisik dari komputer. Hardware sendiri harus terdiri dari empat komponen utama supaya komputer dapat digunakan dengan baik.

1. CPU

Sumber: dimensidata.com 
Sumber: dimensidata.com 

CPU adalah perangkat yang berisi komponen mesin dari komputer, seperti papan induk, chipset, dan hardisk. Cara menggunakan CPU sangat mudah. Tinggal tekan tombol power saja untuk mulai mengaktifkan komputer. Selain itu pada CPU biasanya ada fungsi lain seperti lubang USB, kaset, dan tempat menyambungkan headset atau microphone.

Tombol daya biasanya punya logo yang khas, yaitu lingkaran yang bagian atasnya terdapat garis lurus yang memutus lingkaran tersebut. Jangan sampai disuruh bos buat nyalain komputer, tapi masih nggak tau. Bukan malu, tapi gawat cuy.

2. Monitor

Monitor/layar berfungsi sebagai penampil gambaran/visualisasi program dari mesin yang ada di CPU. Sebenarnya tidak ada fungsi khusus lain yang perlu kita pelajari di artikel ini, karena memang monitor hanya berfungsi untuk menampilkan program, sehingga kita bisa menggunakan CPU dengan semestinya. Tombol-tombolnya mungkin relatif sama seperti TV LED zaman sekarang. Ada tombol daya, colokan daya, dan colokan penghubung ke CPU.

3. Keyboard

Kalau monitor berfungsi untuk menampilkan, maka keyboard berfungsi untuk memasukkan (input) perintah pada program komputer di CPU. Keyboard harus dikuasai, minimal kamu harus bisa memakainya untuk mengetik.

4. Mouse

Mouse, atau bahasa Indonesianya tetikus, adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menggerakkan kursor/panah penunjuk di komputer. Meskipun banyak komputer terbaru yang mendukung fitur layar sentuh, namun sepertinya mouse masih menjadi pilihan utama dalam menggunakan komputer. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan