Mohon tunggu...
Alfan Mustofa
Alfan Mustofa Mohon Tunggu... Freelancer - mahasiwa

Mahasiswa IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Politik

Strategi Indonesia Masa Depan

27 Desember 2019   19:57 Diperbarui: 27 Desember 2019   19:58 7 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Melihat keadaan Indonesia saat ini pada era kepemimpinan pak Jokowidodo yang menjadi orang yang sangat berpengaruh dalam kesejahteraan rakyat Indonesia, Indonesia saat ini dihadapkan dengan keadaan yang sangat sulit baik dari segi ekonomi, politik, budaya, dan lainnya. Angka kemiskinan yang setiap tahun selalu bertingkat kian bertambah, pengangguran yang semakin bertambah dan dihadapkan perekonomian global yang sulit, Indonesia saat ini seperti diambang kehancuran.

Sebab yang timbul dari permasalahan tersebut tidak terlepas dari pemerintahannya yang kurang peka terhadap hal itu dan juga masyarakatnya yang kurang aktif dalam pembangunan Negara yang merujuk ke adil dan makmur. Kesadaraan masyarakat yang akan penting pendidikan masih sangat kurang dan pemerintahan yang kurang tanggap dalam hal ini. 

Pemikiran-pemikiran masyarakat dan pemerintah yang berorientasi pada keuntungan diri sendiri dan terbelakang dengan perkembangan zaman sehingga Indonesia saat ini sangat jauh dari kata sejahtera.

Seperti yang kita lihat saat ini praktik korupsi yang merajarela seperti mendarah daging, hukum yang bisa dijual belikan banyak penjahat-penjahat Negara yang bebas begitu saja hukum seakan-akan tumpul keatas tajam kebawah. Bahkan yang sangat disayangkan sekali pemuda Indonesia dan mahasiswa Indonesia yang seharusnya sebagai agen perubahan sebagai agen kontrol sekarang pada era ini sangat mudah menjadi alat kepentingan kelompok tertentu, banyak pemuda yang kurang peka terhadap permasalahan bengsa ini acuh tidak acuh terhadap persoalan negri ini, Indonesia saat ini sangat dihadapkan krisis moral baik itu pemimpinannya dan masyarakatnya walaupun tidak semua pemimpin dan rakyat. Indonesia dihadapkan pada generasi bangsa yang bisa dikatakan rusak hal ini bukan tidak lain disebabkan maraknya narkoba yang tersebar dengan mudah dimasyarakat, dari persoalan yang terjadi pada bangsa ini butuh keseriusan pemerintah dan masyarakat dalam perubahan pola fikirnya, perubahan terhadap moral, perubahan terhadap prilaku sehingga tidak ada lagi praktek korupsi, tidak ada lagi hukum yang di jual belikan, tidak ada lagi masyarakat yang kelaparan, tidak ada lagi masyarakat yang tak mampu bersekolah tidak ada lagi masyarakat mati yang sia-sia.

Strategi penanaman moral yang baik pada generasi muda saat ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan karna ganerasi muda sebagai generasi penerus bangsa. Dalam puluhan tahun kedepan hal yang dapat kita lihat kemajuan suatu Negara atau suatu bangsa saat ini adalah dari pemudanya yang aktif dalam permasalahan bangsa ini dan pemberi solusi bagi Negara indoneisa saat ini. 

Dalam hal ini moral yang sangat penting diperhatikan oleh pemerintah untuk kedepannya, karna dari moral yang baik masa depan bangsa juga baik, tentunya hal ini dilakukan tidak semata-mata hanya selogan sepertinya kata slogan revolusi mental yang di gaungkan oleh pemerintah tetapi tidak ada tindakan yang pasti dilakukan oleh pemerintah sampai saat ini.

Kata-kata itu hanya ungkapan belaka yang tanpa tindakan dan masyarakat kembali didik seperti semulanya, titik fokus pemerintah menarik investor luar untuk pembangunan ekonomi Indonesia memang hal ini perlu diperhatikan dengan berlebihan dilakukan pemerintah juga harus memperhatikan para masyarakat yang bekerja di industri kecil-kecilan dan mengembangkan enterpeuner muda Indonesia demi menciptakan pengusaha-pengusaha besar kelaknya di Negara sendirinya yaitu Indonesia, tentunya hal ini perlu mekanisme yang sangat detail dalam tahap pelaksanaanya dan keseriusan pemerintah didalamnya. 

Dan dalam hal hukum, perspektif ini sangat penting untuk di perhatikan karna setiap tindakan tidak boleh keluar dari konstitusi yang berlaku di Indonesia .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan