Mohon tunggu...
anas jr
anas jr Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pendapat Mongomary Watt terhadap Syiah

11 Oktober 2018   19:40 Diperbarui: 12 Oktober 2018   09:28 375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

 

PENGERTIAN SYIAH DAN DOKTRIN DOKTRINNYA

  • PENGERTIAN
  • Istilah syiah berasal dari kata bahasa arab syiah. Bentuk tunggal dari kata ini adalah syi'ah. Syiah adalah bentuk pendek dari kalimat bersejarah syi'ah ali artinya "pengikut ali", yang berkenaan tentang Q.S al-bayyinah ayat khoirulbariyyah,saat turunnya ayat itu nabi SAW. Bersabda: "wahai ali,kamu dan pengikutmu adalahorang orang yang beruntung" (ya ali anta wa syi"atuka hummul faizun).

Muslim syiah percaya bahwa keluarga MUHAMMAD (yaitu para imam syiah) adalah sumber pengetahuan terbaik tentang al-qur'an dan islam,guru terbaik tentang islam setelah nabi Muhammad,pembawa serta penjaga terpercaya dari tradisi sunnah.

Jadi pada dasarnya Syi'ah adalah  pengikut ali', mereka percaya bahwa ali bin abu tholib paling utama dari sahabat sahabatnya dan lebih berhak untuk menjadi pemimpin kaum muslim

  • LATAR BELAKANG
  • Mengenai latar belakang munculnya aliran syiah, terdapat dua pendapat
  • Menurut abu zahrah
  • Syiah mulai muncul pada akhir dari masa jabatan umar bin affan kemudian tumbuh dan berkembang pada masa pemerintahan ali bin abi thalib.
  • Menurut mongomary watt
  • mongomarry watt seorang pakar studi -studi  keislaman   di   britania raya  dan salah seorang orientasi sejarawan utama tentang islam di dunia barat
  • Syiah muncul ketika berlangsung peperangan antara dan mu'awiyah yang dikenal dengan perang siffin. Dalam peperangan ini,sebagai respon atas penerimaan ali terhadap arbitrase yang ditawarkan mu'awiyah,pasukan ali diceritakan terpecah menjadi dua, 1 kelompok mendukung sikap ali, kelak disebut syiah dan kelompok lain menolak sikap ali,kelak disebut khawarij.
  •    Secara historis,akar aliran syiah terbentuk segera setelah kematian nabi Muhammad,yakni ketika abu bakar terpilih sebagai khalifah pertama pada pertemuan tsaqifah dilaksanakan secara terpisah pisah sebagai wujud persaingan antara kelompok anshar dan muhajirin yang sempat mengancam perpecahan islam
  • DOKTRIN AJARAN
  • Dalam syiah terdapat apa yang namanya ushuluddin (pokok-pokok agama) dan furu'udin (masalah penerapan agama).syiah memiiki lima ushuluddin:
  • Tauhid,bahw ALLAH SWT. Adalah tuhan yang Maha Esa
  • Al-adl, bawha ALLAH SWT. Adalah Maha Adil
  • An-nubuwwah,bahwa kepercayaan syiah meyakini keberadaan para navbi sebagai berita dari tuhan keada umat manusia.
  •   (maksum)
  • Kepercayaan islam meyakini bahwa para imam mereka itu terpelihara tindak-tanduknya tidak pernah berbuat dosa besar maupun kecil dan tidak berbuat sala atau lupa.
  • (Kemimpinan /para imam)
  • / imam dalam pengertian syiah berbeda dengan pengertian kaum muslimin pada umumnya.
  • Imam menurut syiah adalah guru yang paling besar, orang yang luar biasa mewarisi macam-macam ilmu Nabi SAW. Baik lahir maupun batin. Percaya dan tunduk kepada para imam adalah bagian daei kehidupan beragama dan keimanan.
  • (kembali)
  • -faham raj'ah ini erat hubungannya dengan faham mahdiyah
  • -keyakinan orang syiah yakin bahwa para imam mereka yang telah ghaib nanti akan kembali untuk menegakan keadilan menghancurkan kedhaliman dan membangun kekuasaan mereka.
  • (Imam mahdi)
  • Kata berasal  dari bentuk islam maf'ulnya.
  • (takut)
  • Menurut sy'ah adalah program rahasia. Seseorang syiah dalam sikon yang tidak memungkinkan diwajibkan bertaqiyyah, untuk menjaga kehormatan, jiwa dan harta yang dimiliki dari musuh musuhnya. Taqiyyah adalah bentuk strategi dari para pengikut syiah. Apabila sikon memungkinkan maka wajib melaksanakan program rahasia tersebut
  • Al-mah'ad, bahwa akan terjadinya hari kebangkitan.
  • Dimensi in merupakan sekumpulan ayat ayat dalam al Qur'an yang menginformasikan bahwa ALLAH maha kuasa menciptakan segala sesuatu termasuk menciptakan takdir. Dialah yang awal dan yang akhir, yang zhahir dan yang batin. QS. AL Hadid (57)[1]
  •   
  • SEKTE SYIAH
 Selanjutnya,meskipun mempunyai landasan keimanan yang sama, syiah tidak bisa mempertahankan kesatuannya.dalam perjalanan sejarah, kelompok ini akhirnya terpecah menjadi beberapa sekte. Perpecahan yang terjadi dikalangan syiah terutama dipicu oleh masalah doktrin imamah. Di antara sekte --sekte syiah adalah itsna asyariah,sab'iah saidiah dan ghulat Syiah itsna asyariah (syiah dua belas / syiah imamah) : dinamakan syiah imamah karena yang mejadi dasar akidahnya adalah persoalan imam dalam arti pemimpin regio-politik, yaitu bahwa ali berhak mejadi khalifah bukan hanya kecakapannya atu kemuliaan akhlah nya, tetapi ia telah ditunjukan dan pantas menjadi khalifah pewaris kepimimpinan Nabi MUHAMMAD SAW. Di antara doktrin-doktrinnya adalah : Tauhid (the devine unity) Keadilan (the devine justice) Nubuwah (apostl adalah "alieship) Ma'ad (the last day) Imamah (the divince guidance) Syiah sab'iah (syiah tujuh) : istilah syiah sab'iah "syiah tujuh" dianalogikan dengan syiah itsna asyariah. Istilah itu memberikan pengertian bahwa sekte syiah ini hanya mengakui tujuh imam. Tujuh imam itu adalah "ali,hasan husein,"ali zaenal abidin,muhammad al-imam ketujuh,ismail bin jaffar ash-shiddiq,syiah sabiah disebut juga syiah ismaillah. Di antaranya doktrinnya adalah: Iman Taharah Shalat Zakat Saum Menunaikan haji Jihad Syiah zaidiah Sekte ini mengakui ali sebagai imam , putra imam IV, 'ali zainal abidin. Berbeda dengan sekte syiah lain yang mengaui muhammad al-baqir , anak zaienal yang lain, sebagai imam V. Dari nama zaid bin 'ali inilah zaidiah diambil. Di antara doktrinnya adalah : Imamah Al-imanah al-mafdul Syiah ghulat Diartikan dari kelompok pendukung 'ali yang memiliki sikap berlebihan atau ekstrem (exaggaration). Di antara doktrinnya adalah : Tanasukh Bada'i tasbih[2]

 
  
 

[1] Moechtar hadlari ilmu kalam man bondowoso 2015 hlm 87

   

[2]Rozak abdul, ilmu kalam, pustaka setia bandung, 23-09-2012,hlm 118,131,132

   

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun