Mohon tunggu...
Al Fajri
Al Fajri Mohon Tunggu...

Hidup Pantang Sia-Sia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pertunjukan Wayang Kancil oleh Ki Dalang Eddy Pursubaryanto di Kota Melbourne

2 Agustus 2011   04:19 Diperbarui: 26 Juni 2015   03:10 0 0 1 Mohon Tunggu...

[caption id="attachment_126492" align="aligncenter" width="448" caption="Pertunjukan Wayang Kancil, Melbourne"][/caption] Ki Dalang Eddy Pursubaryanto tampil memikat dalam pertunjukkan Wayang Kancil di Melbourne pada tanggal 29 Juli 2011. Para penonton yang hadir terlihat antusias dan memadati Gasworks Theatre yang berkapasitas 300 orang.

Dalam tiga kali pementasannya, dua diantaranya dikhususkan untuk para pelajar year 7-12 (setingkat SMP-SMA) dan satunya lagi ditujukan kepada penonton umum yang mayoritas dihadiri oleh warga Australia. Para pelajar yang menonton Wayang Kancil ini adalah mereka-mereka yang sedang mempelajari Bahasa Indonesia.

Cerita Water War oleh Ki Dalang Eddy ini membahas tema lingkungan dengan lakon binatang yang disampaikan dengan bahasa-bahasa sederhana dan sarat dengan guyonan-guyonan. Baik para pelajar, maupun masyarakat umum terlihat terpikat oleh pementasan Wayang Kancil yang baru pertama kali diselenggarakan di Melbourne, Victoria.

Pertunjukan Wayang Kancil ini adalah salah satu ajang promosi budaya Indonesia di Melbourne yang pada gilirannya dapat meningkatkan hubungan people to people contact.

Disela-sela kegiatannya mempersiapkan pertunjukkan Wayang Kancil, Ki Dalang Eddy Pursubaryanto juga menyempatkan diri untuk menjadi pembicara seminar di Asia Institute, Melbourne University pada 26 Juli 2011 dan di Centre for South East Asian Studies di Monash University, 28 Juli 2011.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Australian Indonesian Association (AIA) dengan grup gamelannya Permai, didukung olehKJRI Melbourne dan Garuda Indonesia Melbourne.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x