Mohon tunggu...
Muhammad Hamzah Al Fadhily
Muhammad Hamzah Al Fadhily Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

21 Y.O.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Peningkatan Produksi, Kualitas, Kapasitas serta Pelatihan K3 Penggunaan Mesin Penggiling Sambal Pecel

28 Juli 2021   21:24 Diperbarui: 28 Juli 2021   21:38 55 1 0 Mohon Tunggu...

    UMKM merupakan bisnis yang dijalanka individu, rumah tangga atau badan usaha rumah kecil. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  di Indonesia memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan perekonomian. Peran strategi UMKM meliputi membantu dalam proses pemerataan tingkat ekonomi masyarakat, menciptakan kesempatan berusaha, serta menciptakan dan memperluas lapangan kerja sehingga mampu menyerap tenaga kerja yang banyak.

   Faktor yang dihadapi para pelaku UMKM dalam kegiatan produksi adalah efisiensi. Selama ini pembuatan sambal pecel masih dilakukan secara manual, oleh karena itu dibuatlah alat penggiling sambal pecel yang diharapkan membantu meningakatkan produksi sambal pecel dari segi waktu dan tenaga.

   Berkaitan dengan hal tersebut, kami berinisiatif untuk membantu pelaku UMKM dengan membuat Mesin Penggiling Sambal Pecel dengan harapan dapat membantu pelaku UMKM dalam mempercepat kegiatan produksinya. Nantinya, dengan mesin ini  juga, diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

   Untuk mendapatkan mesin yang dapat menggiling sambal pecel sampai betul-betul halus, sehingga menghasilkan sambal pecel bermutu baik, dimana mesin dapat menghasilkan campuran/komposisi bahan-bahan yang baik dan homogen dalam waktu yang singkat. Untuk mendapatkan mesin penggiling daging dan pencampur sambel pecel yang lebih murah dibandingkan dengan yang sudah ada. Secara umum membantu meningkatkan produksi dan kualitas produk bagi pelaku UMKM agar penghasilannya meningkat

   Memperhatikan beberapa masalah yang dihadapi pengusaha kecil seperti tersebut di atas maka perlu segera diberikan pemecahannya. Kerangka pelaksanaan untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu metode yang harus diikuti supaya dapat berhasil secara optimal. Langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut :

1. Tahapan Persiapan

Merencanakan mesin, dengan cara meyempurnakan mesin penggiling yang sudah ada agar kinerjanya meningkat atau paling tidak ada sesuatu yang menjadi unggulan. Dengan meyempurnakan dari mesin yang telah ada maka mudah diterima oleh masyarakat.

2. Tahapan Pelaksanaan

a.)          Pembuatan yang dilakukan, yaitu dengan diberikan motor dengan daya  PK. Sehingga tidak membutuhkan daya yang besar.

b.)         Menguji cobakan mesin penggiling dan pencampur bahan tersebut untuk mengetahui sampai dimana kinerja mesin tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN