Mohon tunggu...
Clara Jovanka
Clara Jovanka Mohon Tunggu... Statistic Consultant

be the change you'd like to see

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dua Sisi Kuliah Online

17 Mei 2020   15:23 Diperbarui: 17 Mei 2020   15:28 99 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dua Sisi Kuliah Online
Ilustrasi: startup-stock-photos/pexels.com

 

Salah satu hal yang mau tidak mau harus dijalankan selama menghadapi pandemi ini adalah dengan tetap di rumah. Sebagian besar kegiatan harus berjalan secara online untuk sementara waktu. Hal ini juga dialami para mahasiswa dan tenaga pendidikan lainnya. Kegiatan belajar dan mengajar tidak lagi dilakukan dengan tatap muka selama masa pandemi ini. Tentunya, pengalihan cara berlangsungnya kegiatan pendidikan ini menuai pro dan kontra. Beberapa senang karena waktu belajar lebih fleksibel, beberapa lagi kesulitan karena tidak biasa belajar mandiri. Lantas, apa saja sisi positif dan negatif dari kuliah online ini?

Sisi Positif

  • Waktu belajar yang fleksibel. Di luar dari saat conference call, kamu dapat menyesuaikan sendiri kapan waktu produktifmu untuk belajar. Kamu yang tipikal morning person tidak perlu begadang larut malam untuk belajar, dan kamu yang tipikal night owl tidak perlu memaksakan diri untuk bangun pagi.
  • Explore materi lebih luas. Jenuh karena pada saat kuliah tatap muka referensi belajarmu terbatas pada diktat dosen? Dengan kuliah online, kamu bebas untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya.
  • Di kelas tatap muka, sebagian besar dosen menuntut mahasiswanya untuk mencatat materi pembelajaran. Namun saat kamu kehilangan fokus sebentar saja, bisa-bisa kamu lupa mencatat apa yang dikatakan dosenmu. Tapi dengan kuliah online, kamu bisa merekam sesi pembelajaran tanpa harus takut ketinggalan.

Sisi Negatif

  • Sangat bergantung pada jaringan. Kuliah online yang semula berjalan lancar bisa saja tiba-tiba terhambat karena kamu kehabisan kuota atau kekuatan wi-fi kamu melemah.
  • Bergantung pula pada kemandirian kamu. Bagi kamu yang tipikal 'disuapi' oleh dosen pasti merasa kesulitan dengan kuliah online yang mengharuskan kamu untuk explore materi secara mandiri.
  • Kehilangan sebagian support system. Jika pada kuliah offline, kamu bisa bertemu dengan teman-temanmu berbagi cerita dan bertukar pikiran secara langsung, kuliah online tentu membatasi ruang ini.

Walaupun banyak pro dan kontra terkait kuliah online ini, aku percaya bahwa langkah ini adalah demi kebaikan untuk kita. Tetap jalani kuliah online ini dengan sukacita sembari terus berdoa agar situasi dapat kembali pulih segera!

VIDEO PILIHAN