Mohon tunggu...
Alexander Uriel Natanael
Alexander Uriel Natanael Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Chou Kick+Flicker, ditinggal makan, tiduran sebentar, bantu cuci piring, otw ke sengkan, buka mobile legend, lanjut kick lagi.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menulis di Era Modern

7 September 2021   17:13 Diperbarui: 7 September 2021   17:15 149 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menulis di Era Modern
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kita sebagai manusia adalah makhluk sosial. Kita membutuhkan interaksi dengan manusia lain, salah satu caranya adalah dengan berkomunikasi. Komunikasi adalah cara sarana untuk menyampaikan pesan dari individu satu kepada individu lainnya dengan menggunakan media. 

Nah, pada hari ini kita akan membahas salah satu bentuk media yang biasa dilakukan manusia untuk berkomunikasi, yaitu tulisan. Tulisan merupakan hal yang cukup sederhana yang sering kita lakukan di dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun, siapa sangka ternyata menulis dapat memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan sehari-hari. Kita dapat menulis pesan kepada orang lain dan mereka membaca dan menafsirkan pesan yang ingin kita sampaikan melalui tulisan tersebut. 

Dengan demikian, dalam menulis pesan, kita harus menyusun kata-kata dengan baik agar lebih mudah dipahami orang lain.

Penulisan Digital

Kemajuan zaman yang terjadi membuat segala aspek kehidupan turut maju dan berkembang. Teknologi menjadi salah satu faktor kemajuan zaman ini. Berbagai perubahan terjadi dari hal yang kecil sampai hal yang besar, salah satunya adalah menulis. 

Kegiatan menulis mengalami transformasi dari yang biasanya hanya menggunakan alat tulis, sekarang kita hanya mebutuhkan perangkat digital dan internet. Perubahan ini seringkali disebut dengan istilah penulisan digital. 

Penulisan digital didefinisikan oleh DeVoss, Aadahl, & Hicks (2010) sebagai komposisi yang dibuat dengan, dan seringkali untuk dibaca atau dilihat di komputer atau di perangkat lain yang terhubung ke internet.  Secara singkat, penuisan digital adalah kegiatan menulis yang dilakukan dengan menggunakan perangkat digital yang ada. 

Tradisional dan Digital

Dulu ketika akan menulis, kita membutuhkan alat tulis, seperti pena dan kertas. Namun, pada era digital ini kita hanya membutuhkan perangkat yang memiliki koneksi internet. 

Internet menjadi salah satu hal penting di dalam penulisan digital karena internet memungkinkan penulis untuk menggunakan berbagai media dan juga untuk mendistribusikan tulisan tersebut secara instan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan