Teknologi sekarang ini sudah berkembang sangat pesat. Perkembangan yang ada mempengaruhi perkembangan media yang ada.
Perkembangan media ini disebut juga dengan media baru. Media sekarang ini pada dasarnya sudah memasuki media baru dimana media sekarang sebagian besar merupakan media digital, komputer, dan juga komunikasi abad ke-20
Peran komputer serta internet pada media baru atau new media merupakan bentuk nyata dari revolusi komunikasi yang sekarang ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat.
Revolusi komunikasi ini terjadi karena adanya perubahan dari media konvensional(koran, radio, majalah, tv) ke media baru atau new media,hal ini terjadi karena adanya konvergensi atau penggabungan media konvensional dengan media digital
Perubahan yang paling terasa dengan adanya media baru atau new media adalah komunikasi media-media sekarang ini dapat dilakukan secara dua arah, atau penggunanya dapat berperan secara aktif, berbeda dengan media konvensional dimana pengguna bersifat pasif.
Secara garis besar, media sosial(Facebook, Twitter, Instagram, YouTube) merupakan produk dari media baru.
Media baru yang ada ini memiliki beberapa karakteristik. Apa sajakah karakteristik tersebut? Simak Artikel dibawah ini!
Karakteristik Media Baru
Media baru memiliki enam karakteristik, diantaranya:
1. Digital
Karakteristik yang pertama adalah digital. Segala informasi yang ada sekarang ini diubah, disimpan, serta ditransmisikan sebagai kode biner.