Mohon tunggu...
Alex Raharjo
Alex Raharjo Mohon Tunggu... Laki-Laki

Freelancer | Marketer | Trainer | Konsultan Properti | Sesekali belajar menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Siapkah Kita Jika Covid-19 Sampai 2021 Akhir Bahkan Lebih?

11 Mei 2020   15:06 Diperbarui: 11 Mei 2020   15:02 25 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapkah Kita Jika Covid-19 Sampai 2021 Akhir Bahkan Lebih?
olahan pribadi

Mengutip dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa kecil kemungkinan untuk memiliki vaksin tersebut sebelum akhir 2021, Pejabat senior WHO Dale Fisher menyebut vaksin untuk Covid-19 tidak akan siap hingga sampai akhir tahun depan. "Saya pikir akhir tahun depan adalah ekspektasi yang sangat masuk akal," kata Fisher dilansir dari CNBC, Senin (4/5/2020).

Bahkan Fisher sendiri menyebut komentar Presiden Amerika Serikat Donuld Trump meyakini bahwa vaksin virus corona akan dikembangkan pada akhir 2020 menganggap sesuatu yang prematur. Fisher menegaskan bahwa vaksin jauh dari kata selesai.

Saya pribadi tidak begitu paham dengan ilmu medis apalagi terkait dengan Vaksin yang konon katanya harus uji coba sampai dengan 3 fase sampai benar-benar vaksin potensial dan benar-benar bekerja, dengan pernataan tersebut bisa dikatakan itu adalah kabar buruk bagi kita yang awam dengan ilmu medis.

Setelah membaca kabar buruk tersebut, jangan sampai kita menjadi lemah yang mana kita harus tetap menjaga kondisi kesehatan dan menjaga imun agar tidak menurun. Karena di sisi lain Pemerintah seluruh dunia juga telah menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk penyelidikan vaksin, ketika perusahaan farmasi, universitas dan lembaga penelitian saling berlomba dalam mengembangkan vaksin.

Tiga perusahaan farmasi terbesar AS, Inovio, Moderna, dan Pfizer kini telah memulai uji klinis, yaitu tahap pertama dalam pengembangan vaksin . dan sementara itu di Oxford University yang didukung oleh pemerintah Inggris mereka menyatakan kesiapan dan bertekad untuk memproduksi Vaksin pada musim gugur nanti.

Kita sama-sama doakan saja semoga semakin cepat vaksin untuk covid-19 diproduksi dengan tepat dan keakuratan yang tinggi. Sampai dengan terproduksinya vaksin corona, setiap Individu harus paham peran pentingnya memutus mata ranti dengan mengurangi kontak termasuk physical distancing ataupun social distancing, tetap di rumah aja dan jangan keluar rumah jika tidak begitu penting, kalaupun harus memaksa keluar rumah mewajibkan diri sendiri untuk membawa hand sanitizer, rajin mencuci tangan dan menggunakan masker.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x