Mohon tunggu...
Alek Kurniawan
Alek Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Seorang penulis yang bercita-cita menapakkan kaki di lima benua.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Mengenal Solusi Data Center Modular

23 Maret 2022   08:03 Diperbarui: 25 Maret 2022   09:45 151 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi data center modular (iStockPhoto)

Data center modular prefabrikasi telah hadir setidaknya sejak satu dekade yang lalu. Teknologi ini menawarkan alternatif yang lebih cepat, hemat biaya, dan skalabel dibandingkan data center tradisional.

Data center modular adalah pilihan yang semakin menarik karena skalabilitasnya yang mudah. Selain itu, sudah banyak produsen data center modular yang juga menyediakan layanan cloud hyperscale untuk mendukung data center all-in-one.

Berikut adalah beberapa faktor utama di balik lonjakan data center modular prefabrikasi dan bagaimana faktor-faktor tersebut membantu ekspansi cepat pada pasar data center.

1. Permintaan konsumen

Pertumbuhan media sosial, aplikasi game, dan layanan media streaming telah menciptakan permintaan akan kapasitas cloud yang tumbuh secara eksponensial. Penyedia layanan cloud yang menghosting aplikasi konsumen ini berlomba untuk membangun jejak data center global mereka secepat mungkin.

2. Network edge

Perusahaan menerapkan teknologi sensor di network edge atau jaringan tepi di berbagai industri vertikal, termasuk manufaktur dan ritel.

Untuk mengurangi biaya bandwidth dan menghindari masalah latensi, perusahaan pun berusaha memproses data internet of things (IoT) mereka sedekat mungkin dengan tempat pembuatannya. Itu berarti, data center modular prefabrikasi dibutuhkan di setiap pabrik manufaktur atau lokasi ritel.

3. Transformasi digital

Transformasi digital adalah salah satu pendorong utama data center modular all-in-one karena banyak perusahaan, sekolah, fasilitas kesehatan, penyedia colocation, dan hyperscaler mencoba untuk memenuhi permintaan untuk mendukung proses digitalisasi.

4. Diandalkan di berbagai wilayah

Data center modular prefabrikasi juga diminati oleh militer dan perusahaan yang bekerja di daerah terpencil dan terluar. Mereka membutuhkan sistem data center yang kukuh dan andal di lingkungan yang jauh dari jangkauan jaringan pusat.

5. Keberlanjutan data center modular

Saat ini, banyak penyedia jasa data center modular yang berlomba menghadirkan teknologi terbaik. Salah satunya adalah perusahaan asal Prancis, Schneider Electric yang saat ini sedang berfokus pada keberlanjutan di seluruh proses pembangunan data center modular.

Sebagai informasi, Schneider Electric telah membuat 90 persen suku cadang data center modular untuk mengurangi pemborosan, mengoptimalkan efisiensi, dan mengurangi jejak karbon pada data center.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan