Mohon tunggu...
Alek Kurniawan
Alek Kurniawan Mohon Tunggu... Blogger

Seorang penulis yang bercita-cita menapakkan kaki di lima benua.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Jadi Sasaran Serangan Siber, Rumah Sakit Wajib Terapkan Cyber Security

21 Januari 2021   07:25 Diperbarui: 21 Januari 2021   14:44 109 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jadi Sasaran Serangan Siber, Rumah Sakit Wajib Terapkan Cyber Security
Rumah sakit wajib gunakan teknologi cyber security untuk mengamankan data dan jaringan (Foto iStockPhoto)

Serangan siber atau cyber attack yang mematikan sistem kritis di Rumah Sakit Universitas Brno, salah satu fasilitas pengujian Covid-19 terbesar di Republik Ceko, adalah salah satu contoh kejahatan dunia maya terhadap dunia kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Seperti yang telah banyak dilaporkan, serangan siber, termasuk serangan terhadap sistem kesehatan, kian meningkat secara mengkhawatirkan selama krisis pandemi. Ini mengungkapkan kecenderungan di antara penjahat siber untuk menyerang ketika institusi dan individu berada pada posisi paling rentan.

Computer Weekly bahkan melaporkan, serangan siber naik 48 persen pada 30 Januari 2020 di Amerika Serikat (AS) sejak pengumuman kasus pertama Covid-19 di sana. Dengan kasus-kasus tersebut, pandemi telah mendorong urgensi rumah sakit dalam penerapan cyber security.

Ya, peningkatan cyber security merupakan salah satu kekuatan utama yang dibutuhkan penyedia layanan kesehatan untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan ancaman di masa depan.

Schneider Electric melalui laman resminya mencatat bahwa sistem kesehatan cenderung memfokuskan upaya keamanan siber pada sistem IT, termasuk data pasien dan informasi keuangan.

Meskipun area itu jelas memerlukan perhatian yang berkelanjutan dan serius, Schneider Electric juga mendorong penyedia layanan kesehatan untuk mengoptimalkan keamanan siber pada sistem teknologi operasional (OT) mereka.

Pendekatan kohesif dan holistik terhadap keamanan siber yang mencakup semua aspek IT dan OT adalah cara paling cerdas bagi rumah sakit untuk mengembangkan ketahanan yang diperlukan untuk menangkal gangguan yang tidak diinginkan.

Salah satu strategi yang bisa pihak rumah sakit gunakan dalam mengoptimalkan keamanan siber mereka adalah bekerja sama dengan pihak vendor yang ahli dalam teknologi cyber security, seperti Schneider Electric.

Dengan teknologi EcoStruxure for Healthcare, Schneider Electric dapat membantu rumah sakit menavigasi kompleksitas konvergensi IT-OT dan menerapkan strategi keamanan siber holistik yang memadukan kebutuhan kedua bidang secara mulus.

VIDEO PILIHAN