Mohon tunggu...
Aldya Rizky Maulana
Aldya Rizky Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Trisakti School of Management

followed dream reaching higher

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pemimpin Harus Menguasai 4 Strategi Berikut agar Organisasi Mampu Bersaing!

15 Agustus 2021   07:02 Diperbarui: 15 Agustus 2021   07:22 99 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemimpin Harus Menguasai 4 Strategi Berikut agar Organisasi Mampu Bersaing!
Sumber: strategi organisasi - Bing images 

Suatu organisasi tentunya berjalan tidak sendirian, pasti ada organisasi lainnya sebagai pesaing yang memiliki tujuan yang sama hanya saja cara untuk mencapai tujuan tersebut yang berbeda. Pentingnya seorang pemimpin dalam organisasi adalah bagaimana ia mampu membuat organisasi yang di pimpin agar dapat versaing secara sehat dan mampu menguasai keadaan.

Untuk mampu bersaing dengan para pesaing suatu organisasi harus memiliki strategi yang berarti kemampuan untuk mengantisipasi dan membayangkan masa depan, mempertahankan fleksibelitas, berpikir strategis, dan mampu bekerja dengan orang lain untuk membuat keunggulan kompetitif organisasi di masa yang akan dating.

Seorang pemimpin harus mengetahui atau menguasai beberapa hal berikut untuk membawa organisasinya mampu berkompetisi dengan para pesaing yang ada di masa yang akan dating. Berikut 4 keterampilan yang diperlukan untuk berpikir secara strategis bagi seorang pemimpin.

1. Anticipate Threats And Opportunities

Pemmpin yang efektif harus mampu atau terus memeratikan keadaan otganisasinya, berkomunikasi baik dengan para pengikutnya bai di luar maupun dalam otganisasi, mencari tahu dan menguasai keadaan bidang organisasi yang dipimpin agar mereka tidak melewatkan hal-hal penting tentang perubahan yang telah atau akan terjadi dimasa yang akan dating yang akan membantu atau merugikan organisasi.

2. Challenge The Status

Pemimpin yang baik harus mampu berpikir secara strategis, dimana pemikir strategis pasti mempertanyakan pemikiran mereka sendiri dan pemikiran orang lain, ia tidak melihat sesuatu hanya dari satu sudut pandang, namun melihatnya dari berbagai pemikiran untuk menciptakan keputusan yang baik dan tepat untuk organisasinya, karna itu pemimpin harus terus memeriksa masalah atau peluang yang hadir dalam organisasi yang ia pimpin.

3. Interpret Trends

Pemimpin yang mampu berpikir strategis akan berusaha mencari pola dari apa yang ia lihat, dengar, alami, lalu mencari lebih banyak wawasan baru dibandingkan menyimpulkan sesuatu dengan mudah dan kuang bijak. Hal tersebut harus mampu dikuasai oleh seorang pemimpin agar ia tetap menguasai keadaan dan mampu menciptakan inovasi baru yang akan menguntukngkan suatu organisasi.

4. Achieve Alignment

Pemimpi yang biak harus mampu berkomunikasi baik dengan para pengikutnya, hal tersbeut sangat penting untuk pemimpin agar mampu menciptakan hubungan yang baik dengan para pengikutnya karna untuk mencapai keselarasan antara pemikiran atau visi seorang pemimpin ia harus mendapatkan dukungan dari para pengikutnya dan para petinggi lainnya yang mungkin memiliki pemikiran yang berbeda bahkan bertentangan. Untuk mencapai tujuan organisasi dengan visi dan misii yang dipikirkan oleh emimpin semua orang harus memiliki keselarasan dalam visi tersbeut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan