Mohon tunggu...
Aldya Rizky Maulana
Aldya Rizky Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Trisakti School of Management

followed dream reaching higher

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosok Ronald Koeman Pemimpin yang Berani Memberi Kesempatan, Memberdayai, dan Melayani Para Pengikutnya

27 Juli 2021   03:17 Diperbarui: 27 Juli 2021   03:25 28 2 0 Mohon Tunggu...

Ronald Koeman pria berusia 58 tahun adalah seorang mantan pemain speak bola asal Belanda, dan di tunjuk menjadi pelati klub besar Spanyol FC Barcelona pada 19 Agustus 2020. Koeman dating ke Barcelona menggantikan pelatih sebelumnya yaitu Valverde, situasi kondisi klub FC Barcelona saat itu sedang tidak baik-baik saja pasca kasus presiden FC Barcelona yang dianggap melakukan banyak kesalahan dalam menjalani tugasnya, salah satu kasus terbesarnya adalah kasus BarcaGate.

Imbas dari kasus yang diderita oleh klub raksasa Spanyol tersebut FC Barcelona mengalami penurunan performa dalam permainanya, para pemainnya seperi ogah untuk membela klub tersebut sehingga membuat FC Barcelona puasa gelar pada masuim tersebut. Ronald Koeman dating dengan tujuan untuk membanahi situasi tim dan para pemainnya yang mengalami keresahan dalam bermain speak bola dan membela klub tersebut.

Koeman memiliki visi dan misi yang baik untuk tim tersebut, memahami kondisi klub yang sedang memiliki masalah keuangan ia lebih memilih untuk memberdayakan para pemain muda FC Barcelona dari La Masia salah satu klub pengembangan pemain muda milik FC Barcelona. Pada musim pertamanya Koeman mempercayakan pemain muda asal Spanyol yaitu Ansu Fati yang saat itu berusia 17 tahun.

Selain Ansu Fati, Koeman lanjut mempercayakan pemain muda lainnya seperti Pedri, Araujo, dan Junior Firpo. Peran Ronald Koeman sangat berat dan peting disini, ia harus bisa memberikan kepercayaan penuh dan membangun mental para pemain mudanya untuk bisa tampil bagus di setiap pertandingan pada pentas dunia seperti La Liga, Liga Champions, dan Copa Del Rey, dimana ajang-ajang tersebut merupakan ajang yang besar dan memerlukan mental yang kuat bagi para pemain mudahnya.

Untungnya Koeman mampu memberikan kepercayaan penuh kepada para pemain mudanya tersebut, ia terus memberikan masukan dan memuji para pemain mudanya selama menjalani Latihan dan pertandingan, Koeman mampu membentuk mental baja bagi para pemain mudanya dan mampu membuat mereka tampil lepas dan apik setiap menjalani pertandingan nya bersama FC Barcelona.

Hal tersebut dapat di buktikan dengan berkembangnya Ansu Fati seorang anak muda yang dipercayai menjadi ujung tombak klub besar FC Barcelona dengan mampu mencetak 4 gol dari 3 laga debut nya di La Liga, Selain itu Junior Firpu dan Araujo juga mampu bermain apik ssebagai pemain bertahan FC Barcelona dengan kemampuannya menjadi pelapis Gerrard Pique, dan Samuel Umtiti bek senior FC Barcelona yang sedang cidera.

Kesuksesan Ronald Koeman dalam tujuan utamanya yaitu memberdayakan pemain muda nya semakin  berhasil di musim keduanya Bersama FC Barcelona dengan mendatangkan seorang pemain tengah yaitu Pedri dan De Jong, kedua pemain tersebut langsung diberikan waktu bermain penuh dan selalu menjadi starting line up bagi FC Barcelona. Dengan kemampuannya berkomunikasi dengan baik dan membentuk mental para pemain mudanya Pedri berhasil berkembang sangat pesat.

Pedri yang baru terlihat tajinya langsung di panggil timnas senior Spanyol untuk membela negaranya di ajang Euro 2020, dan Pedri berhasil meraih penghargaan pemain muda terbaik pada ajang tersebut. Sedangkan De Jong tampil apik membela negaranya Timnas Belanda pada ajang Euro 2020 dengan selalu menjadi starting line up dan mengantarkan tim nya melaju ke  babak 18 besar pada turnamen tersebut.

Dari pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Ronald Koeman adalah seorang pemimpin yang memiliki sifat Servant Leadership dimana pemimpin mengutamakan kepentingan untuk melayani kebutuhan orang lain, membantu orang lain untuk tumbuh, dan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk mendapatkan materi dan emosional. Hal tersebut terbukti dengan berkembangnya para pemain muda yang diberikan kesempatan dan kepercayaan oleh Koeman seperti Ansu Fati, Pedri, De Jong, dan Araujo yang sukses membela FC Barcelona dan Tim Nasional nya masing-masing.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN