Mohon tunggu...
Arie Lesmana
Arie Lesmana Mohon Tunggu... Novelis - Saya hanya seorang pemuda yang hobi menulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang mahasiswa yang selalu meng-upgrade diri dan suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tempat Publikasi Jurnal Internasional yang Wajib Mahasiswa Coba, Gratis!

11 Maret 2022   15:56 Diperbarui: 11 Maret 2022   16:06 380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi mahasiswa yang ingin mengakses referensi atau materi lainnya dapat menggunakan jurnal terbaru. Beberapa jurnal sekarang dapat diakses melalui situs online tertentu.

Belakangan ini, jurnal internasional sering dijadikan referensi. Ini karena jurnal internasional dapat menawarkan Anda kesempatan untuk menerima beasiswa di luar negeri.

Berikut beberapa saran website jurnal internasional terbaik yang bisa Anda kunjungi untuk mencari referensi jurnal:

10 Situs Jurnal Internasional Terbaik

1. Microsoft Academic

Microsoft Academic menyediakan referensi jurnal ilmiah dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Anda dapat mengunjungi situs ini dan memasukkan kata kunci untuk dicari. Sistem pencarian situs juga dapat memfilter berdasarkan perintah Anda. Misalnya, jika Anda mencari jurnal berdasarkan penulis, Anda dapat mengklik "penulis" dan "rentang tanggal" untuk mempersempit tahun penerbitan jurnal.

2. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Direktori Jurnal Akses Terbuka (DOAJ) adalah situs yang berisi direktori jurnal ilmiah dan artikel dengan Akses Terbuka atau Open Access. Situs ini diluncurkan pada tahun 2003. Sejak situs itu diluncurkan, sudah ada 11.000 jurnal dari 127 negara. Tidak hanya itu, lebih dari 4 juta artikel telah disimpan di situs ini.

3. Google Scholar

Situs jurnal internasional ini dimiliki oleh Google. Situs tersebut memiliki ratusan jurnal ilmiah yang dapat diakses dalam berbagai format. Jurnal yang tersedia juga beragam, mulai dari jurnal Indonesia hingga jurnal internasional. Jenis karya ilmiah yang tersedia antara lain makalah, jurnal, dan eBook. Anda dapat mengaksesnya secara gratis melalui situs web ini.

4. ResearchGate

Situs web ResearchGate adalah platform media sosial khusus untuk para peneliti. Di situs tersebut terdapat forum yang dapat diakses oleh para peneliti dari seluruh dunia. Mahasiswa S1 dan S2 juga dapat mengunjungi situs tersebut untuk mencari referensi jurnal untuk penulisan karya ilmiah. Namun, beberapa jurnal memerlukan akses atau permintaan kepada penulisnya.

5. ScienceDirect

ScienceDirect adalah platform yang menyediakan referensi jurnal internasional. Situs ini sudah tidak asing lagi di kalangan peneliti dan dosen. Namun, situs tersebut berisi banyak artikel ilmiah berbayar. Bagi mahasiswa yang sedang mencari referensi jurnal dapat mengunjungi situs ini dan membaca abstrak penelitian.

Tapi tenang saja, ternyata ada banyak cara download jurnal internasional yang bisa kamu lakukan. 

6. Academia.edu

Dosen dan peneliti yang handal wajib mengetahui website Academia.edu. Situs tersebut sering disebut sebagai jejaring sosial bagi para sarjana untuk berbagi penelitian yang telah dilakukan. Untuk mengunduh jurnal di situs ini, Anda perlu membuat akun atau menyinkronkannya dengan akun Google atau Facebook.

7. ProQuest

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun