Mohon tunggu...
Alditta Khoirun Nisa
Alditta Khoirun Nisa Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Seorang komunikator yang selalu ingin tahu dan mencoba segala tantangan. Peduli terhadap pendidikan, budaya, dan sosial. Giat merealisasikan kontribusi mengenai citra sebuah industri kreatif dalam sektor tertentu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kampus Luar Negeri yang Tidak Kalah Mengagumkan dengan Kampus Negeri

14 Maret 2022   22:12 Diperbarui: 14 Maret 2022   22:55 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Doc : Gedung AR B Lantai 3

Jika pilihan utamamu jatuh pada kampus negeri favorit, jangan lupa untuk menyiapkan rencana alternatif lainnya yang tidak terduga. Bila kamu tengah membuat rencana studi ke luar negeri, pastikan kamu telah melakukan riset menyeluruh di berbagai kampus dalam negeri. Saya merekomendasikan hal tersebut karena ada salah satu kampus luar negeri yang tidak kalah mengagumkan dengan kampus negeri. 

Apakah telingamu terasa asing ketika mendengar Universitas Gambar Matahari (UGM) menjadi jawabannya? Mulai saat ini, tidak asing lagi karena memang kamu perlu mengetahui fakta dari kekuatan WoM (word of mouth) mengenai Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang semakin menakjubkan. 

UMY yang sedang milad ke-41 ini terbukti membuat saya nyaman untuk melakukan hal-hal produktif layaknya mahasiswa dengan dikelilingi oleh fasilitas yang memadai, seperti tenaga pendidik yang mudah bergaul dengan mahasiswa, beragam variasi beasiswa yang ditawarkan, dan fasilitas penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi minimal tingkat regional baik mandiri, rekognisi, maupun publikasi jurnal. 

Fasilitas tersebut menjadi faktor pendukung saya betah belajar di UMY sebab bersyukur sudah mengalami bagaimana rasanya memperoleh ketiga fasilitas demikian. Berawal dari niat saya mendaftar kuliah di UMY pada tahun 2019 melalui jalur PNUAN (Penerimaan Berdasar Nilai Ujian Akhir Nasional), siapa sangka bahwa UMY sangat mengapresiasi mahasiswa bahkan kepada calon mahasiswanya. 

Ya, saya diterima menjadi mahasiswa UMY dan meraih beasiswa dalam bentuk bebas biaya SPP tetap dan biaya DPP selama satu tahun. Hal ini tidak saya ketahui di awal pendaftaran bila ada beasiswa jalur PNUAN, baru saya pahami ketika menerima Surat Keputusan Rektor mengenai alasan di balik itu karena NEM atau nilai UN saya berada di posisi tertinggi yakni peringkat I dari berbagai peserta yang mendaftar di prodi yang sama dengan saya. 

Meskipun semenjak dihapuskannya UN pada 2020, kamu tidak perlu berkecil hati perkara tidak bisa mengikuti jejak saya. UMY memiliki banyak cara untuk menopang mahasiswanya agar tetap semangat meraih mimpi dalam kuliah dengan beasiswa. Ada beasiswa jalur prestasi, beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah (KAUM), beasiswa hafizh, beasiswa dokter Muhammadiyah, dan beasiswa KIP-Kuliah. Banyak banget, kan? 

Kamu bisa langsung gercep (gerak cepat) kunjungi laman ini https://lpka.umy.ac.id/informasi-beasiswa/ untuk info lebih lengkap. Jangan khawatir pula kalau kamu belum berhasil dapat beasiswa pra-studi UMY, karena UMY ga main-main dalam membantu mahasiswanya. Ada beasiswa on-going yang bisa kamu coba, di antaranya beasiswa umum, beasiswa prestasi, dan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu serta beasiswa lainnya yang bekerja sama dengan UMY. 

Doc : Ruang LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) UMY
Doc : Ruang LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) UMY

Beralih dari fasilitas beasiswa pra-studi yang saya dapatkan menuju fase perkuliahan. Selama beradaptasi dengan lingkungan UMY, saya rasa tidak perlu waktu lama untuk merasa nyaman dan bangga. Mempunyai dosen-dosen yang ramah dan gemar bergaul dengan mahasiswanya saja sudah mampu membuat saya menganggap kampus sebagai rumah kedua. Saya yakin tidak semua dosen bersikap demikian, di sinilah proses yang menyenangkan bagi saya untuk memilah dosen mana yang selaras dengan kepribadian kita. Dan saya cukup kagum bisa akrab dengan dosen-dosen di prodi tercinta, Ilmu Komunikasi. 

Doc : Sportorium UMY
Doc : Sportorium UMY

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun