Mohon tunggu...
Aldi Nur Sopian
Aldi Nur Sopian Mohon Tunggu... Penulis - Lulusan Public Relations

Sampurasun! Halo Sobat, Saya selalu senang untuk menulis tentang artikel tentang film, musik, membuat puisi dan membahas banyak hal tentang psikologi komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Cara Membangun Produktivitas dengan Mudah

2 November 2023   01:04 Diperbarui: 2 November 2023   01:14 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah terkadang kamu merasa mempunyai banyak hal untuk dilakukan dan hanya sedikit waktu untuk melakukannya?

Jika kamu tertarik tentang cara menjadi lebih produktif, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai. Karena aku akan bahas strategi yang berharga untuk membangun produktivitas!

Kegiatan kamu akhir-akhir ini cuma tidur? rebahan? scrolling instagram atua tiktok? push rank? Bergadang walaupun tiada artinya? Gapapa kok, aku sendiri dan mungkin sobat disini yakin pernah melakukannya atau masih melakukannya. Tapi, jangan terlalu keasyikan ya sob, apalagi di usia emas muda ini sayang banget kalau gapunya aktivitas produktif. Soalnya kalau sobat masih melakukan hal yang kurang produktif di usia muda sekarang akan berdampak buruk banget bagi kualitas hidup, kesehatan fisik dan mental kamu.

Apa Itu Produktif?

Produktif adalah sebuah cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan meluangkan waktu dan usaha. Artinya ketika kamu mencoba ingin produktif, itu artinya kamu mencoba untuk mencapai tujuan dan bisa meluangkan waktu untuk hal-hal penting dan bernilai.

Kenapa Harus Produktif?

Karena banyak anak-anak muda sekarang sudah mulai aware terhadap pembentukan jiwa yang kompetitif melalui kegiatan produktif yang bermacam-macam. Banyak sekali orang yang seusia dengan kamu sudah banyak menyalurkan hobi, passion dan  berlomba-lomba untuk produktif dan ingin mewujudkan ekspetasi mereka untuk yang terbaik terutama untuk investasi skill secara jangka panjang. (Baca juga tentang jiwa kompetitif)

Coba secara perlahan lakukan refleksi diri sendiri secara mendalam, sekarang! luangkan waktu 5-10 detik sambil tutup mata. Teruntuk kamu yang belum mempunyai kegiatan produktif, belum memulai untuk mengasah dan membangun jiwa kompetitif di era digital sekarang, dan untuk kamu yang belum mengupgrade skill kamu.

Kuncinya kamu harus mampu memaknai kegiatan sehari-hari yang itu itu aja yang dinilai kurang produktif, serta membuang-buang waktu secara berulang kali, dan tidak memberikan insight atau hasil apapun bagi hidup kamu.

Change Your Mindset 

Lihat betapa pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini. Tanam growth mindset yang membuat dirimu visioner dalam melihat potensi. Kamu harusnya sekarang bisa melakukan kegiatan santai tetapi tetap balance dengan produktivitas. Kamu bisa coba dengan mengembangkan skill dan wawasan melalui pemanfaatan smartphone atau laptop kamu. Kamu juga bisa baca-baca artikel bermanfaat, membaca buku tentang self-development atau buku apapun yang meningkatkan kualitas diri, mengulik keunikan yang kamu punya dengan personal branding atau menciptakan sebuah konten. Kamu juga bisa mulai merintis usaha freelance sendiri seperti writing, editor, fotographer, videographer, content creator, marketing, dll.

7 Kegiatan Produktivitas Yang Mudah Dilakukan Dirumah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun