Mohon tunggu...
aldi farhan
aldi farhan Mohon Tunggu... Praktek Kerja Industri

Raih lah kemenangan dengan usaha yang tekun

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pasar Online Malang Mempermudah Pembeli

18 Oktober 2020   17:59 Diperbarui: 18 Oktober 2020   18:05 19 0 0 Mohon Tunggu...

Pasar tradisional adalah tempat interaksi sosial antara pedagang dan pembeli. Proses jualbeli biasanya melalui proses tawar menawar harga, dan harga yang diberikan untuk suatu barang bukan harga tetap atau masih dapat ditawar, hal ini sangat berbeda dengan pasar modern. Umumnya, pasar tradisional menyediakan bahan-bahan pokok serta keperluan rumah tangga. Lokasi pasar tradisional dapat berada ditempat yang terbuka atau bahkan dipingir jalan.

Salah satu ciri khas pasar tradisional beberapa diantaranya menggunakan tenda-tenda tempat penjual memasarkan dagangannya, serta pembeli yang berjalan hilir mudik untuk memilih dan menawar barang yang akan dibelinya.

dalam melakukan akad pembelian yang halal dan mengikat dipasar yang sangat berguna bagi suatu daerah dengan adanya pasar tradisional orang bisa saling melakukan tawar-menawar dalam melakukan transaksi penjualan disamping itu hikmah yang kita ambil akibat adanya pasar tradisonal diantaranya dapat mempererat tali silaturrhmi terhadap sesama pembeli ada yg lazim dibicarakan ketika bertemu disebuah pasar. Banyak masyarakat yang tergantung dengan pasar tradisional dimana menjadi matapencaharian masyarakat disatu daerah untuk mempertahankan kehidupan yang ada.

pasar tradisional sering dianak tirikan oleh pemerintah daerah ini dapat kita temukan kebijakan Bupati/walikota yang tidak berpihak dengan pedagang kecil, sebagai contoh pasar modern hadir ditengah-tengah pasar tradisonal adanya 4 minimarket (indomaret, alfamart, alfamidi) dimana kehadirian mereka sama buka nya dengan pasar tradisional yakni jam 8.00 WIB mereka sudah membuka mini market sampe dengan ukul 24 WIB ini bisa mengurangi penghasilan yang diterima oleh pedagang kecil yang berada di pasar tradisional yang ada.

Banyak relokasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah merugikan pedagang pasar tradisional sering kita jumpai pedagang pasar tradisonal di relokasi ketempat yang tidak layak, berair, becek, dan tidak standard serta tidak sesuai dengan pasar yang ada, harusnya pemerintah daerah sebelum merelokasi harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya (1) aspek sejarah pemerintah harus mengetahui keberadaan pasar ersebut dari sejarah, sejak kapan pasar tersebut hadir dan mempunyai nilai historis bagi masyarkat lokal ini merupakan nilai-nilai yang harus dipertahan kan oleh pemerintah dan masyarakat setempat, (2) aspek Lingkungan , pemerintah wajib memperhatikan lingkungan dimana pasar baru tersebut mampu menampung seluruh pedagang yang ada serta masyarakat yang ada di sekitar baik masalah drainase, air, parit dan bau yang ditimbulkan oleh pasar tersebut jangan gara-gara pasar baru terjadi gejolak bagi masyarkat sekitar sehingga dapat merugikan masyarkat setempat (3)aspek ekonomis, pemerintah harus memperhitungkan dan menjelaskan kepada pedagang tradisonal apabial direlokasi ke pasar baru dapat meningkatkan penghasilan bagi pedagang dengan dat-data yang valid sehingga pedagang tidak merugi panjang ketika direlokasi, pemerintah wajib memikirkan ketiga aspek tersebut guna memproteksi kepentingan semua pihak.

Pasar modern tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional, Hanya saja pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara langsung pembeli hanya melihat label harga yang tercantum pada barang, yang berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri atau dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual, adalah bahan makanan makanan seperti: buah, sayuran, daging, sebagian besar barang lainnya yang dijual adalah barang yang dapat bertahan lama.

Pasar modern hadir ditengah derasnya sistem perekonomian yang liberal ini sangat mengancam bagi pedagang kecil yang ada disuatu daerah, pedagang modern yang tampil dengan wajah bersih, strategis, murah dan mudah terjangkau membuat masyarakat beralih ke pasar modern, harusnya pemerintah daerah mampu mengantisipasi menjamurnya pasar modern yang ada .Kehadiran pasar Modern menjadi momok bagi pedagang kecil yang berjualan di pasar tradisional. Pasar Modern sering menawarkan discount produk /harga/hadiah bagi pembeli sehingga masyarakat tertarik dan beralih kepasar modern
Kelebihan dari pasar ini adalah barang yang dijual lebih dijamin kesehatannya dan tempat belanja yang nyaman.

Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh pasar ini yaitu pembeli tidak bisa menawar harga barang yang dijual. Contoh dari pasar modern adalah pasar swalayan (supermarket), dan minimarket.
Pemerintah daerah harus serius dan cerdas dalam mengatur Pasar tradisional dan Modern dan menciptakan regulasi bagi keberadaan pasar tersebut, dan jangan hanya menguntungkan pasar modern saja, pemda juga musti melindungi dan memproteksi pasar tradisional , agar perekonomian suatu daerah dapat berkembang dengan baik sebab perputaran uang yang ada di pasar tradional dapat dinikmati oleh semua masyarakat yang ada , sebaliknya pasar modern tidak mampu menggerakkan perekonomian disuatu daerah, nah pemda harus berfikir ulang dalam menentukan kebijakan guna pembangunan perekonomian yang ada , pembangunan pasar tradisional juga harus diimbangi dengan mebangun pasar yang bersih dan nyaman bagi pembeli sehingga tercipta persaingan yang sehat antara pasar tradisional dan pasar modern di kemudian hari.

Saat ini di Malang sangat mudah berbelanja di pasar. Dengan adanya pasar online Malang, warga hanya perlu mengakses pasar rakyat melalui web atau aplikasi. Setelah itu, warga akan terhubung dengan pedagang di pasar binaan. Adanya pasar online yang malang ini untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. Sebagai upaya untuk mengurangi keramaian di pasar saat terjadi wabah ini. Orang dapat online dengan memanfaatkan aplikasi pasar online yang buruk yang tersedia.

Sistem belanja online dari website atau aplikasi pasar online Malang sudah terkoneksi dengan pedagang di pasar rakyat. Ini bisa digunakan untuk belanja online. Website atau aplikasi ini memudahkan penghuni dalam memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan akan makanan dan hal lainnya. Para pedagang juga dapat menjalankan usahanya untuk memenuhi kebutuhan hidup para pedagang.

VIDEO PILIHAN