Mohon tunggu...
Aldian Manuputty
Aldian Manuputty Mohon Tunggu...

Seorang Freelance Grafis desainer dan website developer.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sejarah dan Evolusi Gambar Logo KFC

14 Oktober 2014   17:41 Diperbarui: 17 Juni 2015   21:04 0 0 0 Mohon Tunggu...

Mengenal KFC

Kentucky Fried Chicken atau yang biasa disingkat KFC adalah suatu brand makanan cepat saji yang terkenal di dunia. Restoran cepat saji yang didirikan oleh Colonel Harland Sanders pada 1952 yang berkantor pusat di Louisville, Kentucky telah menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Yum! Merek, Inc sejak tahun 2002 ini memiliki 18.000 outlet di sekitar 120 negara di seluruh dunia. Dengan pendapatan  lima belas milyar dolar amerika pada tahun 2011, KFC mempekerjakan lebih dari 190.000 karyawan di seluruh dunia.

Elemen Desain, Sejarah, dan Evolusi Gambar Logo KFC

Gambar Logo KFC adalah salah satu logo paling terkenal di dunia. Wajah seorang pria tua yang tersenyum mungkin merupakan simbol yang paling mengesankan dalam industri makanan.

Pada awalnya, wajah sang kolonel dibuat lebih serius, namun seiring berjalannya waktu wajah sang kolonel yang merupakan gambar logo restoran cepat saji ini dibuat semakin ramah, dengan penambahan elemen bentuk yang lebih simple, dan warna merah yang menjadi background dari wajah sang kolonel, membuat gambar logo KFC ini semakin didup dan mudah diingat.

Tulisan “Kentucky Fried Chicken” yang ada pada logo terdahulu disingkat menjadi  “KFC”, pada awal 1990-an. Perusahaan ingin menghilangkan konotasi lemak dari kata “Fried (Goreng)”.

Gambar logo KFC menampilkan ikon endiri perusahaan yaitu Kolonel Sanders. KFC dikenal memiliki identitas visual yang sederhana dan luar biasa konsisten. Secara efektif mengakomodasi pergeseran visual dari industri makanan cepat saji, sambil menjaga komponen yang paling menentukan yaitu wajah sang Kolonel.

Gambar logo KFC telah dirombak beberapa kali, dengan fokus pada kesederhanaan dan kejelasan. Versi awal, menampilkan wajah Kolonel , yang diperkenalkan pada tahun 1952. Perusahaan ini memperkenalkan desain ulang pada tahun 1978, dengan sedikit perubahan dari jenis huruf dan penempatannya. Pada tahun 1991, baru ditingkatkan logo diadaptasi menjadi singkatan “KFC”, sebagai upaya untuk menggambarkan sebagai restoran makan  “sehat”. Versi logo disederhanakan lagi pada tahun 1997.

Gambar logo KFC yang eksis sampai saat ini diresmikan pada bulan April 2007, dengan Kolonel mengenakan celemek koki merah, yang dulu hanya merupakan jas putih. Ini dirancang oleh lembaga yang mencatat merek berbasis di San Francisco, Tesser. Logo mempertahankan elemen fundamental dari lambang kolonel, termasuk dasi kupu-kupu hitam, kacamata dan jenggot, sambil memperkenalkan skema warna cerah dan wajah yang lebih “ramah”.

Kolonel yang Tersenyum ditempatkan dengan latar belakang merah yang cocok dengan celemek merahnya. Nama merek adalah tertulis di bawah dadanya menggunakan warna hitam yang kuat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x