Mohon tunggu...
Alda SyintaHedianti
Alda SyintaHedianti Mohon Tunggu... Universitas Pendidikan Indonesia

Be your self

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sosialisasi Poster dan Spanduk sebagai Bentuk Edukasi Pencegahan Covid-19 pada Masyarakat

24 Desember 2020   12:00 Diperbarui: 24 Desember 2020   12:01 127 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Poster dan Spanduk sebagai Bentuk Edukasi Pencegahan Covid-19 pada Masyarakat
Dok. pribadi

Pandemi virus Covid-19 menjadi suatu pandemi yang berlangsung lama dan berkepanjangan sepanjang tahun 2020 ini. Pada kenyataannya virus Covid-19 masih ada sampai sekarang dipenghujung tahun 2020. Bahkan orang yang terpapar oleh virus Covid-19 semakin bertambah setiap harinya. Menurut data statistik, per tanggal 22 Desember 2020 orang yang terdeteksi positif Covid-19 berjumlah 6.347 jiwa. Oleh sebab itu, perlu adanya edukasi untuk masyarakat yang masih menghiraukan terkait pandemi virus Covid-19 ini. Salah satu edukasi yang dirasa efektif untuk digunakan dan disosialisasikan kepada masyarakat baik secara online melalui media sosial maupun secara langsung yaitu berupa poster dan spanduk. Poster dan spanduk yang dibuat dengan unik agar dapat menarik perhatian masyarakat untuk membaca lebih lanjut dan dapat menerapkan isi dari poster tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Beriku merupakan contoh poster yang disosialisasikan kepada masyarakat melalui media sosial, Facebook, Whatsapp, dan Instagram. Terdapat poster tentang cara memakai masker yang baik dan benar, poster tentang pencegahan Covid-19 di masa adaptasi kebiasaan baru. Poster-poster tersebut disosialisasikan melalui media sosial agar masyarakat dapat membaca edukasi pencegahan Covid-19 dengan mudah. Dengan adanya poster-poster tersebut diharapkan masyarakat lebih waspada dan peduli terhadap kesehatan agar terhindar dari virus Covid-19.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Kemudian terdapat spanduk dan selebaran yang dipasang di lingkungan sekitar masyarakat dan di depan Kantor RW untuk mengedukasi masyarakat sekitar khususnya masyarakat RW. 23 Desa Tenjolaya Kec. Pasirjambu Kab. Bandung. Tak hanya melalui poster dan spanduk, edukasi pencegahan Covid-19 juga dapat dilakukan dengan mensosialisasikannya melalui video. Berikut ini merupakan pencegahan Covid-19 dalam bentuk video dengan membagi masker dan mengedukasi masyarakat, https://youtu.be/uxKTpZLDgUw 

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Pemasangan spanduk, selebaran, dan sosialisasi poster di media sosial ini sebagai salah satu bentuk kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19 dalam program Edukasi Pencegahan Covid-19 bagi masyarakat yang dilakukan secara daring oleh Alda Syinta Hedianti selaku mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia. Dengan adanya program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini. Semoga pandemic ini segera hilang agar kita semua dapat melakukan aktivitas dengan bebas seperti semula. Aamiin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x