Mohon tunggu...
Alda SyintaHedianti
Alda SyintaHedianti Mohon Tunggu... Universitas Pendidikan Indonesia

Be your self

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penyaluran Masker dan Hand Sanitizer sebagai Program Edukasi Pencegahan Covid-19 pada Masyarakat

23 Desember 2020   21:06 Diperbarui: 23 Desember 2020   21:15 151 1 0 Mohon Tunggu...

Pada masa pandemic Covid-19 ini perlu adanya protokol kesehatan yang baik agar masyarakat dapat terhindar dari virus Covid-19. Protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh masyarakat ada 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan / menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak minimal 1-2 meter. 

Salah satu yang dilakukan dalam program pilihan yang terdapat pada KKN Tematik PPD Covid-19 yaitu membuat, menyalurkan dan mensosialisasikan masker serta hand sanitizer kepada masyarakat sekitar, seperti yang dilakukan oleh kelompok 47 mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Indonesia Cluster Ciwidey. Masker kain disalurkan kepada masyarakat sekitar rumah mahasiswa dan masyarakat Ciwidey yang tidak menggunakan masker saat di luar rumah.

Kelompok Cluster Ciwidey bekerja sama dengan mitra kerja yaitu SMPN 2 Rancabali sebagai donatur dalam penyediaan masker kain. Terdapat juga mahasiswa yang mencoba membuat masker sendiri dengan melihat cara-cara melalui video. 

Dimulai dari mengumpulkan alat dan bahan, merancang pola pembuatan masker sampai kepada membuat masker itu sendiri. Masker disalurkan kepada masyarakat dan peserta didik yang berada di lingkungan sekitar agar.

Selain pembuatan, penyaluran dan sosialisasi masker, juga terdapat pembuatan, penyaluran dan sosialisasi hand sanitizer kepada masyarakat sekitar di RW. 23 Kp. Situleutik Desa Tenjolaya Kec. Pasirjambu Kab. Bandung. Dimulai dari pengumpulan bahan-bahan sederhana untuk pembuatan hand sanitizer spray seperti alcohol, aloevera, jeruk (untuk pewangi), baby oil (untuk pelembut). Kemudian, menggunakan alat ember, botol kecil dan diberi label berupa stiker bertuliskan Hand Sanitizer dan KKN UPI. Pembuatan hand sanitizer juga dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat dengan menggunakan bahan yang mudah didapat.

Dokpri
Dokpri
Setelah pengemasan, kemudian berlanjut kepada proses penyaluran dan sosialisai kepada masyarakat sekitar bersamaan dengan penyaluran masker. Penyaluran masker dan hand sanitizer dibantu oleh masyarakat setempat seperti RT, RW, dan pemuda. Penyaluran dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan. 

Dengan adanya program KKN Tematik PPD Covid-19 UPI tentang program edukasi pencegahan Covid-19 diharapkan dapat memahami dan menyadari pentingnya protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

VIDEO PILIHAN