Mohon tunggu...
Jejen Al Cireboni
Jejen Al Cireboni Mohon Tunggu... Terus menginspirasi dan berbagi pengalaman

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ikan Lele, Monster Air Akibat Penggunaan Probiotik yang Berlebihan

11 Januari 2019   15:47 Diperbarui: 11 Januari 2019   16:46 0 4 1 Mohon Tunggu...
Ikan Lele, Monster Air Akibat Penggunaan Probiotik yang Berlebihan
Budidaya ikan lele

Lele adalah salah satu monster air yang favorit kita makan dalam lewat pecel lele . Di sebut ikan lele adalah monster karena ikan lele ini  adalah pemakan segala, dan bahkan temannya sendiri dia makan dan tidak salahlah kalau ikan lele ini adalah ikan yang kanibal.

Sudah kita ketahui bersama kalau ikan lela itu mudah dibudidayakan tapi sayang ada 2 kendala terbesar yaitu apabila dia merasa lapar dan tidak ada makanan maka ikan yang lain yang akan dimangsanya. Atau bahkan temannya sendiri ramai-ramai dia makan. Makanya jangan kaget kalau ikan lele itu saat kita beli bibit beli berapa dan setelah sampai kolam kita maka ko menjadi berkurang, ya karena dimakan oleh teman-temannya.

Seorang pemuda asal desa Pekantingan kabupaten Cirebon juga bercerita kalau dulu bapaknya itu punya balong ikan di belakang rumahnya. Di tanam ribuan ikan tapi setelah dipanen yang didapat cuman beberapa ikan saja yang besar-besar.

Dokpri
Dokpri
Nah kita semua pasti paham ini bisa disebabkan oleh pencurian atau ada predator di balong itu. Dan ingat juga kalau ikan lele sendiri itu juga adalah moster dan predator bagi sesamanya.

Dan menurut bapak Budi Santoso sewaktu mampir ke padepokan Biogan di desa Pekantingan malam itu juga mas Indra si peternak lele dari desa Pasanggrahan kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon mengorbrol kenapa ikan lele itu tidak sama perekembangannya? Mas Indra memberikan jawaban bahwa ikan tidak sama besarnya itu disebabkan oleh pada saat pemberian pakan itu tidak merata. menyebabkan ikan yang banyak makannya cepat besar, dan ikan yang tidak kebagian makan akan terlambat besarnya.

Dokpri
Dokpri
Sedangkan Pa Budi memberikan pendapatnya kenapa ikan itu tidak sama perkembangannya itu semua karena hormon dan pembawaan sifat ikan itu sendiri.  Yaitu ada yang sifatnya itu cepat sekali tumbuhnya, ada yang cepat, ada yang sedang, ada yang lambat dan bahkan ada dari sekian kecil yang sangat lambat,  Alias Kerdil. Jadi dalam setiap kelahiran ikan itu akan terbagi seperti itu. 

Dan makanya kunci cepat panen adalah saat kita membeli bibit ikan lele pada saat sortir yang pertama , kedua dan ke tiga, dan saat sortir yang ke empat dijamin kurang greget hasilnya.

Jelas konversi pakan itu akan sangat bagus pada  hasil bibit ikan lele sortiran satu , dua dan tiga. Dan kemungkinan besar untuk lele bibit sortiran ke empat seterusnya ini peningkan percepatan panennya tidak bisa diandalakan karena lelenya itu memiliki sifat genetik tidak cepat tumbuh. Setelah membaca artikel ini semoga pembaca bisa memahami kenapa lelenya itu lambat panennya meski menggunakan pakan berportein tinggi dan menggunakan teknologi probiotik dan juga suplemen, kecuali kita menggunakan probiotik Biogan,  ikan akan lebih gemuk dan berbobot meski ikan memiliki sifat genetiknya itu kerdil.

Seperti cerita Pa Yasir yang menceritakan dia kadang panen lele dan bisa berbagi dengan tetangganya , dan uniknya itu lelenya itu tidak bau lumpur. Tidak seperti lele yang dibeli dipasaran yang umumnya itu berbau lumpur atau juga berbau amis .

Dokpri
Dokpri
Begitipun yang saya alami , yaitu menemukan monster dalam kolam , karena tubuhnya lebih besar dari yang lain beberapa kali lipat.  Ini semua karena penggunaan probiotik Biogan yang berlebihan sehingga lele nafsu makannya stabil dan memangsa lele-lele yang lebih kecil. 

Makanya untuk pembudidaya pembesaran lele maka adalah hal yang wajib hukumnya buat melakukan sortir 2 minggu sekali atau sebulan sekali minimal dan memisahkan lele yang lebih besar ukurannya dari pada yang kecil. Disamping persaingan makan yang sudah kalah juga lele yang kecil akan menjadi makanan buat lele yang lebih besar. 

Dalam hal ini pembudidaya lele yang tidak memakai probiotik Biogan juga memahami ini . Apalagi bila memakai probiotik biogan yang berlebihan.Pa Yasir juga pernah berkata pada saya sewaktu bertemu di mushola bahwa kelebihan probiotik biogan akan membuat lele nafsu makannya tinggi dan tidak menggunakan probiotik biogan lele - lelenya akan kekurangan oksigen itu bisa dilihat lele-lele di balongnya yang sering mengambang keluar atau katas kolam buat mengambil oksigen, jadi bisa dipahami  kenapa probiotik Biogan ini membuat budidaya lele tidak usah dikuras sampai panen. Karena mengandung bakteri yang cukup didalam perut ikan juga kolam untuk mengolah bahan sisa . Sayang probiotik biogan belum masuk rekor muri saja.

Dokpri
Dokpri
Dan untuk mensiasati penggunaan biogan yang berlebihan membuat ikan menjadi monster bagi ikan yang lain adalah juga dengan pemberian pakan yang cukup untuk kebutuhan ikan lele ini.Semoga bermanfaat dan selamat berbudidaya ikan lele organik dan ramah lingkungan. Dan ketika Anda membaca artikel ini ikannya sudah saya goreng dan kami santap sekeluarga.

Dokpri
Dokpri