Jejen Al Cireboni
Jejen Al Cireboni Karyawan

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya

Selanjutnya

Tutup

Hijau

Tips Budidaya Pembesaran Ikan Gurame Sukses

6 November 2017   16:39 Diperbarui: 6 November 2017   16:49 752 0 0
Tips Budidaya Pembesaran Ikan Gurame Sukses
budidaya pembesaran gurame

Bila Ingin Oke Gunakan probiotik Alami yang Nyata Probiotik Biogan, sore itu di balong ikan gurame di antara 2 blok yaitu Blok Pondok dan Blok Tanjakan desa Bringin kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon jawa Barat,  setelah memberi makan ikan seperti biasa kami akan menghabiskan waktu untuk mengobrol dan bercanda sampai matahari tenggelam dan langit menghitam

Langit biru dengan awan-awan putih masih diatas kami ,angin lembut bertiup lembut membelai pohon-pohon pisang dan pohon sigkong di sekitar balong, dan juga begitu lembut menyentuh kami. Dalam suasa sekitar balong yang nyaman buat kami melepas lelah ,kami pun mengobrol dan sore itu paman ane , yaitu Mang Rosidi ,pria yang memiliki 2 orang anak ini mengelola 5 balong pembesaran gurame dan juga seorang yang tidak lepas dari keberadaan balong gurame di sekitar LP Narkotika desa Gintung Lor . Dan bukan hal yang baru baginya tentang gurame dan khususnya tentang pembesaran gurame ini. 

Bertahun -- tahun sudah bergulat di bidang pembesaran gurame dan pernah memberi nasehat kepada ane , kalau dalam budidaya pembesaran gurame itu ada hal yang penting supaya kita bisa sukses , yaitu jangan memiliki target terserah keadaan saja ,karena kalau kita memastikan harus 6 bulan , harus 8 bulan kita panen ,kadang tidak sesuai dengan harapan karena ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan pembesaran gurame. Dan tentunya juga akan ada permasalahan . 

Salah satunya adalah ikan terkena penyakit , seperti luka sirip, ekor ataupun luka sisiknya. Dan saat ikan ini tekena penyakit tentu nafsu ikan akan menurun . Dan bahkan banyaka yang mati.Ya menurut artikel-artikel dari aktivitas googling sih ,dalam kegiatan budidaya kematian 20% itu adalah wajar.

Tapi ya tadi,kita terlalu bernafsu ingin cepat ikan besar ,makanya di beri makanan pabrik berlebihan ,bukannya ikan tambah sehat dan besar karena banyak makan,malah kemampuan ikan gurame itu cuman segitu makannya , dan bila ada pakan pabrikan atau konsentrat yang berlebihan ini akan tenggelam dan menyemari lingkungan balong dan bercampur dengan kotoran ini menyebabkan penyakit pada ikan gurame , dan banyak cacing yang menjadi penyakit ikan gurame,seperti ikan gurame jadi besar matanya bahkan sampai telepas bola matanya dan berenang lamban.

gurae cepat panen
gurae cepat panen

Ya meski menggunakan probiotik untuk ikan,yaitu teknologi untuk memacu nafsu makan ikan gurame degan cara 1 tutup botol dicampur air dan gula pasir atau satu sendok air tetes tebu lalu dilarutkan dengan air hangat atau air bersih lalu masukkan ke dalam pakan dan secara teori ikan akan menjadi lahap makan dan karena begitu percayanya dengan teori ini maka dengan tidak sungkan -sungkan kita pun asik mengasih makanan yang dicampur probiotik ini, tapi ternyata ikan nafsu makannya masih segitu -gitu aja bahkan sangat jelas tidak ada ikan yang maumakan. Dan ini adalah pengalaman ane sendiri waktu pertama kali terjun sendiri di bidang budidaya pembesaran gurame . Bila Ingin Oke Gunakan probiotik Alami yang Nyata , Probiotik BIOGAN.

Pernah juga ketemu langsung dengan pembudidaya yang rajin meracik dan mengoplos berbagai macam merek probiotik ikan supaya memacu kecepatan ikan guramenya supaya cepat besar dan bongsor, bahkan meraciknya sendiri sesuai dengan yang dia baca di googgling dan hasilnya ikan mau makan ramuan probiotik buatannya tapi sayangnya ikannya tidak suka jadis etelah dimakan di muntahkan lagi makannya . Untuk yang punya waktu silahkan teruskan uji cobanya sampai puas.

memberi makan lebih menyenangkan karena ikan ikan gurmae begitu lahap makan dan brigas
memberi makan lebih menyenangkan karena ikan ikan gurmae begitu lahap makan dan brigas

Ya teringat zaman dahulu sebelum kena Teknologi Organik buatan Bapak Ir Sujadih Kangoloh ,saat ikan-ikan gurame tidak mau makan , ane istighfar di balong selama-lamanya ,berpasrah karena ingin cepat sukses panen tapi ini ikan malah males makan.

Nah ,bagimana caranya supaya ikan-ikan gurame ini mau makan ?

Gampang,ini tips dari paman ane yang memang sudah berpengalaman didunia persilatan ,eh maaf memang paman ane ini pendekar ,paling semenget da terdepan dulu kalau mengejar maling  dan pernah konyol juga waktu di mobil Kopayu di Jatibarang , di dalam mobil ada sekolompok preman yang malak pokoknya setiap orang baik muda maupun tua itu diplak semua , ini paman ane malah nantangin mereka duel didalam mobil, begitu cerita kaka ane sebagai saksinya.

Eh maaf,soal yang itu tidak ane ceritakan disini, sebab yang mau diceritakan itu adalah paman ane sebagi praktisi pembesaran gurame. Ya dia bilang begini , Ingin guramenya doyan makan gampang,tinggal ikan -- ikan guramenya disuapin saja makannya . Begitu katanya he 666X

Ya begitulah Kuasa Allah ,kita memiliki uang dan modal untuk bududaya pembesaran gurame eh malah guramenya ini pada males makan.

ikan gurame lebih lahap makannya syang kamernaya kurang tajam mefotonya
ikan gurame lebih lahap makannya syang kamernaya kurang tajam mefotonya

Tapi selang 2 tahun kemudian ane mencoba probiotik BIOGAN ,cobalah niscaya Anda akan mengetahuinya .

Dalam probiotik Biogan ini terbuat dari 100 % organik murni, dan dalam pengaplikasiannya bisa langsung diguyurin kedalam kolam ,lewat bareng dengan pengisian air baru, atau dilarutkan kedalam ember terus di tebar ke balong secara merata. Atau dicampur dengan pakan sepertiprobiotik-probiotik bermerek yang lainnya.Tapi tidak usah memakai air tetestebu ataupun gula pasir tapi perlu kopi buat yang ngasih probiotik biogan ini kebalong.

Memacu nafsu makan ikan akan terlihat nyata,seperti yang di alami oleh Ibu Sukesih diblok Pondok Desa Bringin Kecamatan Ciwaringin Cirebon ,beliau bercerita ikan-ikanya itu bongsor ,ini dilihat ketika ikan melompat dari kolam atau balong ketika dikasih makan,dan pemandangan indah ketika melempar pakan maka terlihatlah ikan-ikan yang begitu lahap makan dan begitu brigas dalam berenang . Untuk pembesaran ikan gurame ,nafsu makan yang stabil perlu dijaga dan juga kesehatan gurame yang dijaga juga.

Menurut Bapak Rosidi bila ikan gurame stess atau sakit dan tidak mau makan , bila lebih dari 5 hari tidak dikasih makan maka bobot ikan akan menurun ,ini cerita dari paman ane .Dan sudahlah kita percaya saja wong dia banyak balongnya dan bergulet di gurame sudah lam ko.

Jadi pembesaran gurame kalau ikan -ikan gurameya tidak mau makan , males makan dan mogok makan Andamau apa? Mau menyuapi ikan-ikan gurame yang ratusan sampai ribuan itu ?

Sudahlah coba saja probiotik Biogan niscaya Anda mengetahuinya .

Tidak hanya untuk meningkatkan nafsu makan dan supaya guramecepat besar, ternyata Bapak Budi Santosa yang bekerja di Antara juga telah meneliti probiotik Biogan ini untuk Gurame ,bahkan beliau menceritakan ada gurame yang gagal terus dalam pembibitan karena telur-telurnya tidak jadi menetas ikan anakan setelah dikasih probiotikBiogan indukan gurameitu jadi lebih produktif dalam menghasilkan anakan .

Probiotik Biogan ramah dan akrab lingkungan,sebuah doa nyata ane , sewaktu ane duduk di pinggir balong sedih menyaksikan iakan-ikan gurame yang tidak mau makan, dan ujung-ujungnya guramenya mati setiap hari , ane terus mencari cara lewat nanya sana sinimeski kebanyakan ornag diam,sampai browsing cape dan Alkhamdulillah dengan bantuan Allah ane menemukan Probiotik Biogan ,dan tidak ada cerita lagi ikan -ikan gurame ngambek makan.

Dan sewaktu musim kemarin saat panen ane tanyakan sama tengkulaknya banyak tidak ikangurame yang luka sisiknya ?Jawab tengkulaknya sedikit mas,Alkhmdulilah padahaldulu waktu sebelum memakai probiotik Biogan sebagai pelengkap ikhtiar sukses budidaya gurame,banyak ikan gurame yang luka sisinya. Bila Ingin Oke Gunakan probiotik Alami yang Nyata BIOGAN.