Mohon tunggu...
Albertus Sindoro
Albertus Sindoro Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis pemula

Seseorang yang mengisi waktu luang dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Seru-Seruan Bareng Mata Kuliah Penulisan Naskah Digital!

17 Desember 2020   11:27 Diperbarui: 17 Desember 2020   13:26 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Digital Writting. Sumber: fiverr.com

Mata Kuliah Penulisan Naskah Digital merupakan salah satu mata kuliah yang melatih mahasiswa menjadi praktisi komunikasi yang handal. Lalu, apa saja yang dipelajari di mata kuliah ini?

Penulisan Naskah Digital (PND) merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang dapat diambil di semester gasal oleh mahasiswa yang terdaftar di program studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Prodi Ilmu Komunikasi UAJY). Secara umum, mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memahami dan menerapkan strategi serta cara membuat pesan di media digital.

Selama 14 pekan proses perkuliahan, mahasiswa akan belajar mengemas sebuah pesan ke dalam bentuk digital atau berbasis internet. Hasil dari proses pengemasan tersebut berupa tulisan web, email marketing, kampanye dan promosi lewat media sosial serta pembuatan naskah iklan. 

Mahasiswa akan diajak untuk mengembangkan ide dan kemampuan mereka terkait pembuatan pesan menggunakkan medium dunia digital. Kegiatan perkuliahan yang mengandalkan tugas mingguan menjadi 'ajang' bagi mahasiswa untuk melatih dan menantang diri mereka untuk mampu mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi, khususnya dalam menggunakkan medium digital.

Lewat mata kuliah ini, wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang strategi dan cara untuk membuat produk komunikasi digital akan bertambah. Dengan adanya tugas mingguan, secara tidak langsung mahasiswa akan belajar menentukan cara terbaik dalam membuat sebuah pesan menggunakkan media digital.

Saya sendiri sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi semester VII sadar bahwa mata kuliah ini punya peranan penting untuk membantu menciptakan praktisi komunikasi yang handal dalam dunia kerja. Penugasan-penugasan yang saya terima dari dosen secara tidak langsung melatih saya untuk mampu bekerja secara profesional di dunia komunikasi.

Ilustrasi Menulis. Sumber: stackumbrella.com
Ilustrasi Menulis. Sumber: stackumbrella.com

Yang saya pelajari di mata kuliah PND adalah....

Melalui tugas-tugas yang diberikan, saya belajar beberapa hal dalam bidang komunikasi digital. Pertama-tama, saya dituntut untuk mampu menyampaikan informasi yang menarik. Hal tersebut harus saya lakukan ketika saya membuat sebuah tulisan dan mengunggahnya di situs Kompasiana. Selama mengikuti kuliah PND, saya telah menulis enam artikel di Kompasiana. Tidak ketinggalan, enam artikel tersebut saya bagikan di platform media sosial, khususnya di Twitter dan Instagram.

Soal tema, tulisan yang saya buat di Kompasiana memiliki tema yang beragam. Ada yang mengenai trik membuat tulisan di media digital hingga hasil press release yang dibuat untuk memenuhi nilai UTS.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun