Mohon tunggu...
Albert Christianto
Albert Christianto Mohon Tunggu... Guru - follow me @albertchristianto13

Ex-marketing English teacher

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Digitalisasi Bisnis (Seri III)

12 Mei 2017   14:52 Diperbarui: 12 Mei 2017   15:17 165 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Terima kasih untuk semua pembaca artikel-artikel saya sebelumnya. Sudah 3 artikel yang saya share kepada para sobat bisnis.

Pada kesempatan ini, seperti janji saya di artikel sebelumnya bahwa artikel kali ini akan membahas mengenai tahapan-tahapan Go Online. Akan tetapi, alangkah baiknya jika kita melakukan sedikit review ke artikel saya sebelumnya.

Di seri II dari artikel “Digitalisasi Bisnis”, saya sudah memberikan sedikit sharing perihal langkah apa saja yang perlu anda lakukan atau persiapkan untuk menjadi seorang Digital Entrepreneur. Seperti yang sudah saya tulis, bahwa anda harus mengetahui langkah yang tepat sehingga jalan anda dalam dunia bisnis digital atau online bisa mulus dan lancar.

Beberapa langkah yang perlu anda ketahui dan perhatikan meliputi persiapan mindset, persiapan skema ide usaha, persiapan diri untuk menghadapi perubahan, product knowledge yang mumpuni, pelajari tahapan untuk Go Online, mencari mentor, serta ready to go for action.

Di artikel ini, saya akan fokus ke tahapan untuk Go Online. Secara kasat mata, dunia online terlihat begitu mudah dan sangat simple. Namun, realitanya anda harus memiliki fondasi yang cukup kuat untuk berekspansi ke dunia online sehingga bisnis yang anda jalankan bisa berkembang dengan maksimal.

Banyak sekali para pebisnis online pemula yang “lompat” dari tahapan pertama langsung ke tahapan ke 3 atau bisa jadi langsung ke tahapan akhir. Beberapa penyebab banyak para pebisnis online pemula yang “gugur” adalah karena tidak melalui tahapan-tahapan yang disarankan.

Oleh karena itu, saya ingin memberikan sedikit sharing informasi yang saya miliki kepada para sobat bisnis mengenai tahapan untuk Go Online. Beberapa tahapan yang menurut saya merupakan hal wajib untuk anda miliki meliputi:

  1. Website profile
  2. Mobile apps profile (Android + iOS)
  3. Social Media + Messenger
  4. Website Transaksi
  5. Mobile apps transaksi
  6. Digital Marketing

Beberapa poin yang saya sebutkan diatas merupakan tahapan Go Online yang harus anda miliki demi memperkuat fondasi usaha online yang anda jalankan. Keterkaitan antara poin-poin tersebut akan sangat mendukung bisnis anda untuk berkembang dan lebih dikenal oleh semua kalangan masyarakat.

Sungguh sangat ironis ketika anda memutuskan untuk Go Online tetapi ternyata TIDAK ONLINE SEPENUHNYA. Pertanyaan yang akan muncul adalah “Sudahkah anda memiliki semua hal tersebut?”. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang online atau digital sangat perlu untuk mendapatkan trust dari para customer. Mereka akan mempercayai produk-produk yang anda miliki jika anda sudah memiliki fondasi yang kuat dalam melakukan digitalisasi bisnis anda.

Pada artikel saya yang berikutnya, saya akan mengupas masing-masing tahapan yang telah saya sebutkan di atas. Semoga sharing dari saya dapat membawa manfaat bagi para pembaca, khususnya bagi para entrepreneur, yang ingin bergerak atau berekspansi ke dunia digital.

Silahkan tinggalkan komentar apabila anda memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi lebih lanjut.

Salam,

Albert Christianto

Digital & E-Commerce Marketer

Mohon tunggu...

Lihat Konten Tekno Selengkapnya
Lihat Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan