Mohon tunggu...
Alat Uji
Alat Uji Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

alatuji.com adalah portal website berbagai kebutuhan alat uji dan alat ukur. kunjungi website kami www.alatuji.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Kamera Pocket + Screen Brightness-Luminance Meter ST-86LA = Kamera DSLR

27 Agustus 2014   17:07 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:24 27 0 0 Mohon Tunggu...

Ketika mengkombinasikan ISO, speed, dan diafragma, mungkin belum terbayang di kepala kita apakah kombinasi tersebut akan menghasilkan gambar sesuai dengan keinginan kita, atau jangan-jangan malah terlalu gelap atau terang. Itulah fungsi dari lightmeter, yaitu alat untuk mengukur tingkat pencahayaan yang akan terekam di foto yang akan diambil. Lightmeter akan memberi tau kita apakah foto yang akan dihasilkan cukup terang atau terlalu gelap atau terlalu terang dengan menggunakan kombinasi ISO, speed dan diafragma yang kita pilih. Proses mengukur cahaya ini disebut dengan metering.

Jadi pastikan setelah melakukan kombinasi terhadap ketiga komponen tersebut, sempatkan mata untuk melirik lightmeter. Jika posisinya sudah sesuai yang Anda inginkan.

Hal tersebut tidak akan sulit untuk fotografer pengguna DSLR karena pada DSLR sudah terdapat lightmeter. Namun pengguna kamera pocket atau bahkan kamera handphone juga dapat menghasilkan gambar yang sempurna dengan pencahayaan tepat dengan menggunakan Light Meter Screen Brightness-Luminance Meter ST-86LA. Karena pencahayaan yang tepat adalah faktor yang sangat penting dalam proses pengambilan gambar. Bisa jadi objek yang bagus tapi dishoot dengan kekurangan atau kelebihan cahaya maka objek tersebut akan tampak tidak bagus pada gambar yang dihasilkan.

Screen Brightness-Luminance Meter ST-86LA ini telah memenuhi kualifikasi standar internasional memiliki kemampuan keakuratan yang tinggi dalam menentukan jumlah cahaya yang masuk. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil gambar dari kamera pocket akan sama bagusnya dengan gambar yang dihasilkan oleh kamera DSLR sekalipun jika dengan ketepatan ukuran cahaya disamping kemampuan fotografer.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x