Syariful Alam
Syariful Alam lainnya

Hidup Adalah Perjuangan, Pengorbanan, Pengabdian dan Pelayanan.

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Inilah Pentingnya Kerjasama Pertahanan RI-Spanyol-Serbia

7 Desember 2018   15:15 Diperbarui: 7 Desember 2018   15:37 275 0 0

"Mewujudkan pertahanan dalam negeri yang lebih baik dalam rangkap penguatan kedaulatan Indonesia, meningkatkan peran Indonesia dalam mencapai perdamaian dunia, meningkatkan dan memperkuat hubungan baik antara kedua kedua negara, menciptakan landasan hukum yang pasti dan kuat bagi kerja sama kedua negara sehingga dapat berlaku efektif dalam sistem hukum nasional dan segera dilaksanakan oleh masing-masing pihak".

Itulah pernyataan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu usai rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi I DPR RI dengan Kementerian Pertahanan pada Selasa lalu terkait Kerjasama Pertahanan RI-Spanyol dan Serbia.

Tentu kita mengetahui bahwasanya untuk mewujudkan pertahanan dalam negeri yang lebih baik butuh penguatan kedaulatan Indonesia. Dan inilah pentingnya kerjasama pertahanan tersebut. Sebab kedualuatan adalah hak bagi setiap negara dan negara tersebut memiliki potensi dan wewenang untuk mengatur wilayahnya.

Tentu saja, Indonesia merupakan negara yang berperan dalam perdamaian dunia. Pasukan perdamaian Indonesia yang dikirim ke wilayah konflik suatu negara sudah melegenda dan memiliki citra positif di luar negeri.

Tentu saja kita sebagai masyarakat mendukung upaya dan setiap langkah dari negara untuk terus menciptakan perdamaian dunia, maupun perdamaian kawasan.

Selain itu penting pula menjalin kerjasama dan memperkuat hubungan baik dengan berbagai negara. Indonesia adalah negara besar dan kuat dan karenanya membutuhkan negara lain untuk menjalin kerjasama tersebut.

Hubungan luar negeri yang dilandasi politik bebas dan aktif merupakan salah satu perwujudan pemerintah NKRI yaitu untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.