Mohon tunggu...
Alam Semesta
Alam Semesta Mohon Tunggu... Instructional Designer

Pengajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di Zhejiang Yuexiu University of Foreign Languages, China. Gemar membaca, menulis, dan makan-makan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Bagaimana Memulai Penelitian?

2 Juni 2019   03:42 Diperbarui: 2 Juni 2019   19:25 0 2 1 Mohon Tunggu...
Bagaimana Memulai Penelitian?
Source: Pixabay.com

Proses penelitian dan rancangan metodologi yang dipilih ditentukan oleh tujuan dan rumusan masalah penelitian. Tujuan penelitian bisa dipahami sebagai hasil yang diharapkan dari kajian terhadap teka-teki yang ada pada rumusan masalah. Kajian dilakukan dengan menghubungkan antara penemuan yang sudah ada dengan hasil yang diperoleh dari penelitian yang (akan) dilakukan.

Masalah penelitian dengan demikian merupakan kesenjangan pada penelitian sebelumnya yang akan dicarikan penyelesaiannya dalam penelitian yang (akan) dilakukan. Di dalam penelitian kuantitatif, masalah penelitian bisa disematkan pada rumusan hipotesis yang akan diuji.

Berikut ini akan saya sajikan dua contoh tujuan dan rumusan masalah penelitian. Contoh-contoh ini saya modifikasi dari penelitian yang pernah dan sedang saya lakukan.

Contoh 1.

Rumusan tujuan penelitian:

Penelitian ini bermaksud menyajikan rancangan instruksional kegiatan belajar mendengarkan menggunakan cerita rakyat untuk pemelajar Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing (BIPA) di Tiongkok. 

Rumusan masalah penelitian: 

  1. Bagaimana proses pengembangan dan evaluasi kegiatan instruksional dilakukan oleh pengajar BIPA di Universitas Zhejing Yuexiu, Tiongkok? 
  2. Apa saja tantangan yang dihadapi pengajar dalam proses perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan instruksional? 
  3. Upaya-upaya apa saja yang dilakukan pengajar untuk menghadapi tantangan tersebut?

Contoh 2.

Rumusan tujuan penelitian:

Penelitian ini bertujuan menguji perbedaan akurasi mahasiswa dalam menyelesaian perhitungan kasus-kasus Manajemen keuangan dengan menggunakan Excel dan kalkukator keuangan. 

Rumusan masalah penelitian: 

  1. Apakah terdapat perbedaan tingkat akurasi yang signifikan pada kemampuan mahasiswa manajemen keuangan di Jurusan Keuangan, Universitas A ketika menyelesaikan perhitungan kasus-kasus manajemen keuangan dengan menggunakan Excel dan menggunakan kalkulator keuangan? 
  2. Apa saja kelebihan dan kekurangan Excel dan kalkulator keuangan sebagai alat bantu perhitungan kasus-kasus Manajemen Keuangan menurut mahasiswa?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN