Mohon tunggu...
Alam Semesta
Alam Semesta Mohon Tunggu... Instructional Designer

Pengajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di Zhejiang Yuexiu University of Foreign Languages, China. Gemar membaca, menulis, dan makan-makan.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Kolokasi Akselerasi

28 Mei 2019   04:30 Diperbarui: 28 Mei 2019   14:08 0 1 0 Mohon Tunggu...
Kolokasi Akselerasi
Source: Pexels.com

Internet dan media pencarian daring telah menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan untuk melakukan penelitian sederhana. Penelitian sederhana tersebut dapat dilakukan, misalnya dengan teknik pencarian kata kunci. 

Pada tulisan ini akan coba penulis sajikan penelurusan sederhana terhadap kata akselerasi. Tujuan dari penelurusan daring ini adalah mengidentifikasi kata dan konsep yang sering digunakan bersamaan dengan kata tersebut. Padanan kata ini juga dapat disebut dengan istilah kolokasi.

Penelurusan dilakukan oleh penulis terhadap 7 media daring. Lima koran nasional yang memperoleh penghargaan berbahasa Indonesia terbaik tahun 2018 dan dua kanal penelusuran jurnal-jurnal ilmiah ditetapkan sebagai sumber pencarian. 

Kelima koran tersebut adalah Media Indonesia, Republika, Tempo, Kompas, dan Pikiran Rakyat. Sedangkan kanal penelusuran jurnal yang digunakan adalah ResearchGate dan Directory of Open Access Journal. Per 27 Mei 2019 antara pukul 15:00 - 16:30, penulis menggunakan kolom "search" pada media daring tersebut untuk menelusuri tiga postingan pertama yang mengandung kata "akselerasi".

Kata akselerasi dapat diartikan sebagai percepatan atau proses mempercepat. Padanan yang muncul pada pencarian  Republika semuanya mengacu pada definisi tersebut, yakni: akselerasi (waktu penyelesaian) pendidikan, akselerasi (kemampuan) perangkat komputer, dan akselerasi (pembangunan) infratruktur. 

Hal yang sama juga ditemukan pada hasil pencarian Kompas dan Tempo, yakni: akselerasi (pertumbuhan) perusahaan, akselerasi pembangunan infrastruktur, akselerasi masa pendidikan, dan akselerasi penjualan mobil.

Source: Pexels.com
Source: Pexels.com

Selain dapat dimaknai sebagai percepatan, akselarasi juga dapat didefinisikan sebagai kondisi akibat adanya percepatan. Definisi ini terwakili oleh tampilan pencarian pada Media Indonesia. Padanan kata yang digunakan adalah akselerasi perhutanan sosial, akselerasi tenaga mobil, dan akselerasi teknologi.

Kata akselerasi juga dipadankan dengan aktivitas pelayanan. Melalui pencarian ResearchGates ditemukan padanan akselerasi dakwah dan akselerasi pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan pada DOAJ, kata akselerasi digunakan sebagai berikut: akselerasi (layanan) akademik, dan akselerasi pelayanan kesehatan.

Selain digunakan bersama kata layanan, akselerasi juga dipadankan dengan kata ekonomi. Ditemukan pada pencarian Pikiran Rakyat padananan sebagai berikut: akselerasi eekonomi bangsa, dan akselerasi ekonomi daerah.

Penggunaan kata akselerasi dan padanannya telah mengalami perkembangan makna lebih dari yang didefinisikan dalam kamus. Baik pada kamus bahasa Indonesia maupun Inggris, kolokasi utama kata akselerasi adalah kata cepat, lambat, baik, buruk, dan di bidang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN