Mohon tunggu...
Alam Maulana Putra Santoso
Alam Maulana Putra Santoso Mohon Tunggu... Mahasiswa - N/A

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga NIM 20107030057

Selanjutnya

Tutup

Bola

Hasil Pertandingan Euro 2020: Belgia Amankan Tiket 8 Besar Usai Tumbangkan Portugal

28 Juni 2021   09:17 Diperbarui: 28 Juni 2021   09:28 76 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hasil Pertandingan Euro 2020: Belgia Amankan Tiket 8 Besar Usai Tumbangkan Portugal
Dokumen milik 433

Laga big match sistem gugur yang mempertemukan antara Belgia kontra Portugal berlangsung sengit dengan kemenangan untuk Belgia diraih dengan skor tipis 1-0 yang dicetak oleh Thorgan Hazard di menit 42 melalui tendangan tajamnya disisi kanan gawang Portugal. 

Portugal adalah juara bertahan Eropa setelah mengejutkan Prancis di Euro 2016 dan skuad yang menarik mengisyaratkan tantangan lain selama beberapa minggu mendatang. Namun hasil imbang dengan Prancis di pertandingan terakhir Grup F membuat tim asuhan Santos itu harus berhadapan dengan tim peringkat teratas dunia itu di babak 16 besar. Thorgan Hazard adalah penentu kemenangan bagi Belgia, tendangan spektakulernya cukup untuk sukses 1-0 -- pertama mereka melawan Portugal sejak 1989.

Belgia, yang meraih empat kemenangan dalam empat turnamen ini, selanjutnya melakukan perjalanan ke Munich pada hari Jumat untuk bertarung dengan Italia dalam pertandingan perempat final yang seharusnya menarik. Portugal, yang gagal mengulang aksi heroik mereka di tahun 2016, harus menerima Piala Eropa mereka telah berakhir dan selanjutnya mereka akan menjamu Republik Irlandia di kualifikasi Piala Dunia pada bulan September.

Babak pertama yang cukup tenang dihidupkan kembali ketika Thorgan Hazard membelokkan penyelesaian dengan kaki kanan untuk memberi Belgia keunggulan 1-0. Di babak kedua, Portugal melemparkan semua yang mereka bisa ke depan tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan Courtois. Felix, Dias dan Guerreiro, yang mengenai tiang kanan dengan tendangan voli, semuanya nyaris, namun tidak satupun dari mereka yang bisa menghentikan juara bertahan Santos itu tersingkir dari Euro 2020 di babak 16 besar.
Belgia mengalahkan juara bertahan Portugal 1-0 untuk melaju ke perempat final turnamen tersebut. Tendangan sensasional Thorgan Hazard di babak pertama tetap menjadi pembeda karena pemain Portugal itu tidak mampu mencetak gol. Mereka melemparkan wastafel dapur di Belgia di babak kedua, membentur tiang juga tapi itu tidak terjadi.

Belgia lolos ke babak 16 besar Grup B dengan tiga kemenangan dalam tiga pertandingan. Selama babak penyisihan grup, mereka mencetak tujuh gol dan hanya kebobolan satu untuk mencap kelas mereka. Portugal, di sisi lain, telah lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik dan hanya memenangkan satu dari tiga pertandingan penyisihan grup.

Dalam bentrokan pertama hari itu, Republik Ceko mengirimkan gelombang kejutan di dunia dengan mencatatkan kemenangan besar 2-0 atas Belanda untuk maju ke perempat final. Belanda diperkirakan akan lolos dengan mudah tetapi Republik Ceko memiliki rencana berbeda. Kedua gol Ceko dicetak di babak kedua yang merupakan kemenangan besar bagi negara tersebut.

Cristiano Ronaldo dan Romelu Lukaku akan melanjutkan persaingan domestik mereka di panggung internasional saat Portugal dan Belgia saling berhadapan. Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak Euro setelah mencetak lima gol di babak penyisihan grup sementara Lukaku, yang dalam performa terbaiknya, mengintai di belakang kapten Portugal dengan tiga gol. Penyerang Juventus Ronaldo juga hanya tinggal satu gol lagi untuk memecahkan rekor gol internasional sepanjang masa Ali Daei dengan 109 gol.

Pasangan ini bersaing ketat di Euro setelah bertarung di daftar pencetak gol Serie A musim lalu, dengan Ronaldo yang berusia 36 tahun dinobatkan sebagai 'capocannoniere' setelah mencetak 29 gol di musim yang sulit bagi Juventus. Namun, Lukaku menggeser Ronaldo ke penghargaan pemain terbaik liga musim lalu meskipun mencetak lima gol lebih sedikit saat ia memainkan peran kunci dalam Inter Milan memenangkan gelar liga pertama mereka dalam lebih dari satu dekade.

Kedua tim akan bekerja keras untuk mencapai final 11 Juli di Wembley dengan Italia, yang mengalahkan Austria pada Sabtu, dan juara dunia Prancis atau Spanyol akan menjadi lawan di dua putaran berikutnya jika mereka melampaui babak 16 besar.
Namun, pelatih Portugal Fernando Santos "sangat yakin" timnya akan menjadi yang teratas dalam pertandingan di Seville.
"Kami tahu lawan kami mampu dan sangat kompeten, tetapi saya sangat yakin kami akan lebih baik dari mereka," katanya dalam konferensi media video. Ini akan menjadi pertemuan turnamen besar pertama (Piala Dunia / Euro) antara Belgia dan Portugal; Tim asuhan Santos tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir mereka melawan Setan Merah di semua kompetisi (Menang 3 Seri 2) sejak kekalahan 3-0 di kualifikasi Piala Dunia pada September 1989. 

Portugal sekali lagi yang meninggalkan Fernandes di bangku cadangan karena gelandang tersebut gagal menciptakan kembali performa klubnya di panggung internasional. Setelah mengistirahatkan banyak bintang melawan Finlandia, Roberto Martinez membuat lima perubahan pada susunan pemain terakhirnya. Pengalaman Alderweireld dan Vertonghen bergabung dengan Vermaelen dalam pertahanan tiga orang sebagai pasangan menggantikan Boyata dan Denayer. Di kedua sisi, Meunier dan Thorgan Hazard masuk menggantikan Nacer Chadli dan Trossard. Lebih jauh ke depan, Doku kehilangan Tielemans, yang berarti De Bruyne akan mendorong ke peran yang lebih maju untuk Belgia.

Portugal memiliki hirupan awal tujuan dengan Diego Jota menyeret lebar dan Cristiano Ronaldo, berusaha untuk menjadi pencetak gol terbanyak langsung dalam sejarah sepak bola internasional, menyengat telapak tangan Thibaut Courtois dengan tendangan bebas. Setan Merah gagal menyusahkan Rui Patrcio hingga mendekati jeda, kemudian tendangan keras Hazard yang ganas melewati kiper nomor satu Portugal itu untuk memecah kebuntuan.
Roberto Martnez kehilangan servis dari Kevin De Bruyne -- dan ritme mereka -- tak lama setelah turun minum, tetapi tekad bertahan mereka tetap ada, Diogo Jota melenceng dari target dengan pembukaan langka untuk tim Fernando Santos yang frustrasi. Seleo tampil kuat saat cengkeraman mereka pada trofi melemah, sundulan Rben Dias menguji Courtois dan tembakan Raphal Guerreiro membentur tiang, tapi ini adalah hari Belgia.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN