Mohon tunggu...
Al Jaelani Gen
Al Jaelani Gen Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Suka dengan berbicara didepan orang banyak dan lebih suka lagi yang meliput, sangat suka dengan berbicara didepan orang banyak karena menjadikan super PD. Dan jari lebih terlatih ketika menjadi motivator handal seperti merriyana dan Mario Teguh.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cara Supaya Anak-anak Betah di Kelas Ketika Wktu Pembelajaran Berlangsung

16 September 2022   23:35 Diperbarui: 16 September 2022   23:38 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

3 CARA SUPAYA ANAK-ANAK DIDIK BETAH DIKELAS WAKTU PEMBELAJARAN BERLANGSUNG

Kegiatan belajar mengajar di kelas bertujuan untuk menguasai kompetensi dan bertujuan untuk pembelajaran oleh siswa. Selanjutnya tugas guru adalah melakukan pengelolaan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian. Hal ini ditujukan agar siswa dapat mencapai tujuan belajar secara maksimal, Namun ada kalanya guru tidak mampu mewujudkan tercapainya tujuan mulai tersebut karena rendahnya gairah siswa untuk belajar. 

Sehingga dampaknya tentu kurang baik, diantaranya siswa tidak dapat menguasai kompetensi atau tujuan pelajaran. Nah, berikut ini kami telah merangkum beberapa hal yang bisa dilakukan guru untuk membuat siswa senang belajar di kelas. 

(1).LINGKUNGAN YANG BERSIH

Tentunya lingkungan berpengaruh besar terhadap individu, termasuk juga dengan lingkungan kelas. Oleh karena itu, lingkungan kelas harus memiliki pengaruh positif terhadap siswa agar semangat belajar siswa tumbuh, maka lingkungan kelas sebaiknya bisa menginspirasi siswa untuk belajar. 

(2). BELAJAR YANGMENYENANGKAN

Untuk menciptakan proses yang menyenangkan, teknik penilaian pun harus disiapkan secara variatif. Ajukan pertanyaan pada siswa sesuai apa yang dipelajari.

Agar kreativitas dan semangatnya bangkit, maka perlu dibuat pertanyaan. Pertanyaan ini sifatnya membuat siswa merasa tertantang untuk mencapai sesuatu yang lebih, namun tetap dalam jangkauan. Jika pertanyaan itu-itu saja, terlalu mudah, maka semangat siswa untuk memberikan usaha lebih tidak akan bangkit. Dan sebaliknya, apabila terlalu sulit maka bisa mematikan usaha siswa. Oleh karena itu, anda harus menjadi guru yang kreatif dan inovatif.

(3).SUASANA KOMPETISI KELAS YANG MENANTANG

Umumnya setiap individu akan merasa bangga bila memiliki sesuatu yang lebih dibanding orang lain. Sebut saja lebih pandai, lebih berhasil, lebih baik, dan masih banyak lagi. Begitu juga sebaliknya, orang akan merasa sedih jika dirinya berada di bawah orang lain. Misalnya, lebih bodoh, paling malas, selalu gagal, dan lainnya. nah, dari sinilah setiap orang punya naluri untuk berkompetisi.

Sebagai guru, anda perlu menyiapkan strategi agar kompetisi yang terjadi di kelas berjalan dengan baik. Aturlah agar kompetisi tetap bisa diikuti oleh seluruh siswa dan menghasilkan juara gilir setiap waktu. Jadi tidak melulu siswa yang itu-itu saja yang menang. Biarkan setiap siswa memiliki kesempatan menjadi juara di bidangnya masing-masing.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun