Mohon tunggu...
Syailendra Akmal
Syailendra Akmal Mohon Tunggu... Full Time Blogger - fulltime blogger

syailendra akmal farabi hanya seorang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain. salam admin: Blog Akmal Farabi dan Konten Gaptek

Selanjutnya

Tutup

Digital

Ini Dia Salah Satu Biang Kerok Penyebab Jaringan WiFi Menjadi Lemot

16 Oktober 2021   12:38 Diperbarui: 17 Oktober 2021   01:45 155 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ini Dia Salah Satu Biang Kerok Penyebab Jaringan WiFi Menjadi Lemot 

Tanpa kita sadari hampir seluruh aktivitas yang kita lakukan kini membutuhkan yang namanya koneksi internet, terlebih semenjak pandemi covid-19 ini ada. Kemajuan teknologi internet membuat perubahan aktivitas manusia, banyak sekali kegiatan yang awalnya dilakukan secara tatap muka / offline, namun harus berubah menjadi dilakukan via online. Tentu saja dengan kegiatan lebih banyak dilakukan secara online, maka lebih banyak juga koneksi internet dibutuhkan. Entah itu para pekerja kantoran yang melakukan work from home, anak sekolah atau mahasiswa yang melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan zoom, google meet, atau malah para kaum umum rumahan yang memang hobi aktivitasnya membutuhkan koneksi internet misalnya streaming, mabar game online, main sosmed, dll.

Bukanlah hal yang mengherankan lagi jika kita melihat banyak masyarakat sekarang yang menggunakan WiFi di rumahnya. Kehadiran WiFi ditengah masyarakat sudah cukup berkembang pesat, bahkan hampir setiap rumah kini memiliki WiFi. Hal ini pasti untuk wujudkan dari rumah kegiatan yang sudah aku sebutkan diatas, dan tentunya sekaligus untuk menghemat pengeluaran biaya pemakaian internet. Yapz, memang pada dasarnya pakai WiFi lebih enak digunakan apabila sedang di rumah saja, sebab selain harganya terjangkau pun bisa digunakan oleh banyak pengguna sekaligus secara bersamaan.

Namun tetap saja dibalik sisi enaknya, tetap ada sisi enggak enaknya nih menggunakan WiFi. Apa sih sisi ga enaknya? WiFi yang kita gunakan berisiko dipakai oleh orang lain yang kita tidak kenal alias dicuri oleh para maling koneksi WiFi. Sebenarnya kasus pencurian jaringan WiFi ini tidak begitu menjadi masalah, sebab memang jaringan WiFi sendiri bisa dipakai banyak orang dan umumnya kuotanya unlimited. Tapi yang jadi masalahnya adalah saat kita dalam kondisi urgent sedang membutuhkan koneksi WiFi yang cepat, misalnya sedang dikejar deadline atau zoom online, Eh malah WiFi yang kita pakai tiba-tiba menjadi lemot. Tentu saja hal tersebut sangat menjengkelkan sekali kan, disaat kita lagi terburu-buru malah jadi terhambat dikarenakan WiFi yang lemot akibat para pencuri jaringan WiFi ini.

Malah terkadang tanpa sepengetahuan sang pemiliki WiFi lohh pencuri jaringan WiFi ini bisa menggunakan WiFi dengan bebas. Bahkan terkadang kita juga suka heran kok secara mendadak koneksi jaringan WiFi jadi lemot, apakah sinyal lagi enggak bagus atau sedang ada gangguan pada layanan tempat kita menggunakan WiFi. Hmm, ternyata malah bukan karena itu, melainkan disebabkan para pencuri WiFi ini yang tanpa izin memakai seenaknya. Bikin bete banget kan yaa.

Apalagi para pencuri WiFi ini terkadang tidak tanggung-tanggung lohh saat memakai WiFi milik orang lain, mereka kerap kali menggunakannya untuk hal yang menguras kuota dan membuat WiFi menjadi lemot contohnya seperti mendownload file dengan size yang besar, ataupun streaming film dengan kualitas grafik tinggi, dsb. Bagi kamu yang memasang WiFi di rumah pastinya sudah pernah merasakannya kan betapa tidak enaknya jaringan WiFi digunakan oleh orang lain yang tidak dikenal.

Akupun terkadang cukup heran dengan orang yang selalu maling jaringan WiFi ini, bisa-bisanya mereka melakukan segala cara demi bisa mendapatkan koneksi internet. Soalnya nihh yaa walaupun WiFi tersebut sudah diamankan dengan kata sandi, namun tetap saja para pencuri jaringan WiFi tetap bisa membobolnya. Mereka dapat dengan mudah menemukan password dari WiFi yang sedang mereka incar. Menghack WiFi bagi mereka bukanlah hal yang sulit, dalam hitungan menit saja mereka mampu meretas jaringan WiFi, khususnya bagi yang punya sistem keamanan WiFi yang lemah.

Kalau sudah begini jadinya bikin kita kesal kan, berbagai upaya udah kita lakukan agar jaringan WiFi yang kita miliki tidak dipakai orang sembarangan, eh tetap saja kecolongan, Rasanya mau marah, tapi takut masalah malah menjadi panjang, alhasil yasudah iklaskan saja jaringan WiFi kita dicuri.

Tindakan Mencuri WiFi ini adalah suatu perbuatan yang buruk dan merugikan orang lain khususnya bagi mereka yang WiFi nya dicuri, sebab ini sudah menyangkut ke masalah etika dalam lingkungan bermasyarakat maupun bertetangga. Coba deh dipikirkan lebih panjang, masa iya sih mau lingkungan hidup menjadi tidak rukun hanya gara-gara koneksi jaringan WiFi. Tentu saja enggak kan, pengennya ya tetap rukun, damai sesama tetangga dan lingkungan masyarakat.

Jadi lebih baik apabila ada yang orang yang menggunakan jaringan WiFi kamu, sebaiknya ditegur baik-baik aja dan jelaskan apakah kamu mengizinkan kalau WiFi milikmu dipakai atau tidak. Kamu bisa memberitahu kepada mereka kapan jam / waktu tertentu yang boleh mereka memakai WiFi, dan kapan waktu yang tidak boleh seperti disaat kamu sedang sangat membutuhkan koneksi WiFi yang cepat dan stabil.

Nah kalau kamu tetap tidak ingin WiFi yang kamu punya dipakai oleh orang asing, maka kamu bisa mengetahuinya nih siapa yang mencuri WiFi kamu dan perangkat apa yang mereka gunakan. Bagaimana caranya? tenang saja untuk mengetahui siapa saja yang sedang menggunakan jaringan WiFi milikmu, berikut caranya:

  • Langkah pertama, kamu harus download dan install aplikasi 'Block Wifi Freeloader'. Aplikasi tersebut bisa ditemukan di playstore.
  • Jika sudah kamu install, selanjutnya buka aplikasinya. (pastikan perangkat yang kamu pakai sudah terhubung dengan WiFi juga yaa).
  • Nah setelah itu akan ada tampilan awal yang akan menampilkan nama WiFi kamu serta perangkat apa saja yang terhubung dengannya. Kamu bisa langsung klik tulisan 'Rescan' untuk memastikan apakah perangkat yang ada terdeteksi.
  • Kemudian tinggal kamu blockir perangkat yang terhubung tersebut apabila tidak dikenal di menu router manager. Selesai deh, dengan cara ini setidaknya WiFi milikmu sudah tidak bisa lagi dicuri oleh perangkat asing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan