Mohon tunggu...
akhmedz faqotz
akhmedz faqotz Mohon Tunggu... 19170066

Manusia biasa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tahapan, Kelebihan, serta Kekurangan Pengajaran Langsung

21 Mei 2020   18:46 Diperbarui: 21 Mei 2020   18:45 23 0 0 Mohon Tunggu...

Pembahasan

Menurut  Arends,  model pembelajaran  mengacu  pada  pendekatan  yang  akan  digunakan, termasuk didalamnya tujuan - tujuan pembelajaran, tahap - tahap dalam kegiatan  pembelajaran,  lingkungan  pembelajaran,  dan  pengelolaan kelas. Model pembelajaran juga merupakan pola yang menggambarkan urutan dari alur tahap - tahap keseluruhan yang pada umumnya disertai dengan serangkaian kegiatan pembelajaran. Pola urutan dari macam - macam model pengajaran memiliki komponen yang sama.

Salah satu dari model pembelajaran adalah model pembelajaran langsung. Pengajaran langsung merupakan pendekatan pengajar yang dirancang untuk meningkatkan proses belajar peserta didik yang berhubungan dengan pengetahuan deklaratif dan prosedural yang dapat diajarkan dengan beberapa pola kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap, Model pengajaran langsung merupakan model pengajaran yang menitik beratkan pada penguasaan konsep dan perubahan sikap dengan mengutamakan pendekatan deduktif . Model ini juga memiliki banyak istilah, seperti  pengajaran Aktif , pengajaran keahlian, pengajaran eksplisit,  dan mungkin masih ada beberapa lainya.

Dalam pengajaran ini pendidik merupakan peran yang paling penting, karena dalam pembelajaran ini para pendidik dituntut mejadi seorang pendidik yang aktif , sehingga banyak siswa cenderung menjadi pasif, maka dari itu perencanaan pembelajaran pada model ini ialah sangat harus hati-hati. 

Sistem atau perencanaan yang dibuat harus dapat menjamin semua siswa, khususnya agar telibat dalam proses belajar mengajar secara aktif, selain itu guru juga harus  menguasai beberapa pengetahuan seperti pengetahuan deklaratif  dan pengetahuan prosedural.

Dasar dari adanya teori ini adalah agar siswa belajar dengan mengamati secara selektif, dan mengingat dari apa yang disampaikan oleh guru, maka dari itu pengajaran langsung menghindari dari penyampaian yang terlalu kompleks. 

Maka dari itu pembelajan ini karena terdapat perpaduan dari beberapa teori belajar seperti teori perkembangan oleh Jean Piaget dan teori belajar sosial oleh Albert Bandula.

Tahapan -- tahapan pelaksanaan.

Seringkali ditemukan penggunaan model pengajaran langsung ,tetapi seringkali juga  terdapat suatu kasus dalam penerapan model pengajaran langsung itu sendiri, dimana praktik dalam model pengajaran tersebut kurang sesuai dengan teorinya. Salah satu faktor terjadinya hal tersebut adalah kurangnya pemahaman pendidik dalam model pengajaran ini.

Sebagai salah satu tata cara pembelajaran, pastinya dalam pembelajan langsung ini memiliki beberapa tahapan dalam pelaksanaanya  Dalam pembelajaran langsung terdapat beberapa tahapan yang harus terpenuhi, yaitu :

Dimulai dari memberikan tujuan dan membuka pelajaran, alangkah baiknya seorang pendidik menjelaskan tujuan dalam pembelajarannya  agar mendapatkan atensi dari para peserta didik yang mungkin nantinya bisa menjadi motifasi tersendiri bagi sebagian peserta didik mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x