Mohon tunggu...
Akhmad Firdaus
Akhmad Firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fresh Graduate Bachelor of Economics from Universitas Diponegoro

Data Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Money

Bantu Perluas Pemasaran UMKM Konveksi, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Sosialisasi Pemasaran Online

27 Juli 2021   21:15 Diperbarui: 27 Juli 2021   21:49 550
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Program SDGs sesi 1 mengenai “Sosialisasi Strategi Pemasaran Online”

Kabupaten Pekalongan, 18-19 Juli 2021- Usaha konveksi merupakan pekerjaan yang ditekuni sebagian masyarakat di Desa Karanggondang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Usaha konveksi di desa ini memiliki suatu kelompok atau komunitas UMKM konveksi yang bernama Kelompok Usaha Bersama (KUB) Konveksi Kargojaya. 

Konveksi ini merupakan usaha yang skalanya masih home industry yang dimana mereka memiliki permasalahan dalam hal pemasaran usaha mereka yang hanya diketahui dari mulut ke mulut dan sanak kerabat saja dan hanya jika ada orderan saja serta belum dipasarkan secara online. Informasi tersebut didapatkan dari wawancara dengan Pak Siswoyo yang merupakan Ketua UMKM Konveksi Kargojaya tersebut. 

Berdasarkan permasalahan yang dialami oleh mereka, maka mahasiswa UNDIP KKN Tim II yaitu Akhmad Firdaus melakukan program KKN, yaitu sosialisasi mengenai pemasaran online yang meliputi strategi pemasaran secara online, langkah-langkah pembuatan dan pengoperasionalan akun-akun pemasaran online melalui media sosial dan marketplace seperti Instagram Bisnis, Fanspage Facebook dan Shopee.

Program ini dilakukan secara daring mengingat sedang diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah, maka pelaksanaanya melalui WhatsApp Group dengan Komunitas UMKM Konveksi tersebut yang terdiri dari dua sesi, dimana sesi pertama yaitu “Sosialisasi Strategi Pemasaran Online” yang diselenggarakan pada 18 Juli 2021. Pada sesi pertama ini dilaksanakan diawali perkenalan, kemudian pemberian Booklet Program (SDGs) mengenai Pemasaran Online Melalui Media Sosial dan Marketplace untuk UMKM Bisnis Konveksi dan pemaparan materi serta sesi tanya jawab. Mereka sangat antusias untuk bertanya seputar materi yang dibahas pada sosialisasi tersebut.

Pak Siswoyo (Ketua UMKM Konveksi Kargojaya) bertanya “Bedanya apa mas Instagram Biasa sama Instagram Bisnis?”. Kemudian juga terdapat pertanyaan dari Mas Soraya Bastian (Anggota UMKM Konveksi Kargojaya) yang masih ada kaitannya dengan pertanyaan Pak Siswoyo sebelumnya “IG biasa sama IG Bisnis, aplikasinya apakah sama apa beda?”. Kemudian, Daus (panggilan Mahasiswa Undip tersebut) menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan yang terdapat di Booklet yang telah diberikan dengan penjelasan yang sekiranya mudah dipahami oleh mereka.

Program SDGs sesi 2 mengenai “Sosialisasi Pembuatan Akun Pemasaran Online”
Program SDGs sesi 2 mengenai “Sosialisasi Pembuatan Akun Pemasaran Online”
Kemudian, sesi kedua yang dilakukan pada 19 Juli 2021, yaitu “Sosialisasi Pembuatan Akun Pemasaran Online” yang dilakukan melalui WhatsApp Group. Pada sesi kedua ini, dilaksanakan diawali dengan cek kehadiran. Kemudian, dilanjutkan dengan pemberian Link Youtube Video serta waktu untuk menontonnya dimana video edukasi ini mengenai “Cara Pembuatan Akun Pemasaran Online” untuk Komunitas Konveksi Kargojaya Desa Karanggondang seperti Fanspage Facebook, Instagram Bisnis dan Shopee. Pemberian video edukasi tersebut diharapkan seluruh untuk Komunitas Konveksi Kargojaya Desa Karanggondang dapat lebih memahami bagaimana cara pembuatan dan pengoperasionalan dari masing-masing akun pemasaran online tersebut dan juga agar mereka dapat menonton berulang kali.,

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana pertanyaan diajukan oleh Pak Siswoyo “Mas, cara ngecek ongkir semisal ada pesanan lewat FB bagaimana?” dan beliau juga bertanya “Kalau yang pesan lewat status WA bagaimana?”. Kedua pertanyaan tersebut dijawab oleh Daus dengan singkat dan mudah dipahami oleh mereka yang intinya “Kalau lewat Facebook tidak ada ongkir, karena Fanspage Facebook hanya digunakan untuk promosi yang nantinya akan diarahkan ke Shopee dengan menggunakan link yang diberikan. Begitupula, jika pemesanan lewat WhatsApp yang biasanya menghubungi ke kontak yang diberikan terlebih dahulu, kemudian di arahkan ke Shopee karena aman (dalam hal transaksi dan sebagainya) dan menguntungkan kedua belah pihak baik pembeli dan penjual”.

Sesi kedua diakhiri dengan pengisian google form yang ditujukan untuk evaluasi dari pelaksanaan program sosialisasi ini, yang hasilnya mereka ada yang sudah memahami dan ada yang kurang paham mengenai materi sosialisasi ini mengenai pemasaran online, pembuatan akun pemasaran online serta pengoperasionalannya. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan dalam pelaksanaan yang hanya dilakukan secara online saja dan tidak tatap muka. Kemudian, penyampaian mahasiswa yang dirasa sudah jelas dan program sosialisasi ini bermanfaat untuk mereka berdasarkan evaluasi mereka. Mereka juga menyampaikan kesan dan pesan serta saran dan kritik setelah mengikuti sosialisasi pemasaran online tersebut.

Booklet Program SDGs mengenai “Pemasaran Online Melalui Media Sosial dan Marketplace untuk Bisnis Konveksi”
Booklet Program SDGs mengenai “Pemasaran Online Melalui Media Sosial dan Marketplace untuk Bisnis Konveksi”

Video Edukasi Pembuatan Akun Pemasaran Online untuk Komunitas UMKM Konveksi Kargojaya Desa Karanggondang
Video Edukasi Pembuatan Akun Pemasaran Online untuk Komunitas UMKM Konveksi Kargojaya Desa Karanggondang
Pelaksanaan program sosialisasi online ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi para anggota Komunitas UMKM Konveksi Kargojaya yang ada di Desa Karanggondang sehingga mereka dapat terbantu baik dalam pengetahuan secara teori maupun praktek mengenai cara pemasaran usaha konveksi mereka secara online, dan supaya pemasaran usaha konveksi mereka dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan pesanan dan omzet mereka kedepannya.

Penulis: Akhmad Firdaus (Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 2018, Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Dosen Pembimbing Lapangan: Nissa Kusariana, S.KM., M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun