Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Mempertimbangkan Pemakaian Kompor Gas dan Kompor Listrik, Lebih Hemat Mana?

21 September 2022   15:37 Diperbarui: 21 September 2022   15:48 273 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rencana pemerintah hendak melakukan konversi Kompor Gas Elpigi 3 Kg, ke Kompor Listrik, Untuk lebih bisa menghemat Energi | Sumber: dekoruma.com

"Upaya pemerintah melakukan inovasi dengan mengkonversi penggunaan kompor Gas ke kompor listrik, masih menuai beragam spekulasi, sebab hal tersebut berkaitan dengan konsumsi energi yang harus dipakai untuk memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga"

Memakai kompor Gas maupun Kompor Listrik memiliki tujuan yang sama, meski cara pemakaian yang berbeda, pertanyaannya lebih hemat manakah antara kompor gas dan Kompor Listrik? Sehingga masyarakat juga perlu berhitung kembali kaitannya dengan kompor Listrik yang ditengarai energi pemakaian sampai 1000 Volt.

Sementara bagi masyarakat yang kurang mampu, daya yang dipakai rata-rata 450 volt, sehingga untuk memakai kompor Listrik juga menjadi pertimbangan.

Pemakaian kompor Listrik memang masih dalam konsep uji coba, sehingga dalam rentang satu bulan pemakaian akan terlihat perkembangannya, apakah lebih hemat kompor listrik atau kompor Gas.

Konversi dari kompor Gas ke Kompor Listrik memang tidak menjadi persoalan, tetapi problemnya sangat erat kaitannya dengan Tarif Dasar Listrik (TDL), karena sangat memungkinkan tagihan listrik akan jauh lebih membengkak perihal pemakaian kompor Listrik.

Pemakaian kompor listrik, memang dinilai lebih efektif dan efisien dalam urusan pemenuhan rumah tangga, tetapi efektifitas tersebut juga memunculkan sejumlah tanda tanya, khususnya berkaitan dengan tarif listrik yang akan diberlakukan oleh pemerintah.

Memanfaatkan Energi Listrik pengganti Kompor Gas, Lebih Hematkah?

Masyarakat pasti akan patuh pada kebijakan pemerintah, jika pemanfaatan energi listrik akan jauh lebih hemat, tetapi apakah faktanya demikian, karena ada kemungkinan bukan hemat yang diperoleh, justru sebaliknya.

Konversi yang cukup inovatif sebenarnya, jika pemakaian kompor listrik jauh lebih hemat dari kompor gas, namun saat ini masih dalam proses uji coba, sehingga masih perlu adanya pembuktian sebelum penerapan kebijakan tersebut dilaksanakan.

Jika konversi Kompor listrik dengan memuat daya sampai 1000 volt, jelas akan menyebabkan Pembemgkakan, sehingga membuat tarif Daya listrik akan jauh lebih meningkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan