Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Wong Ndeso yang ingin melihat dunia dengan membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Artikel Utama

5 Manfaat Keberadaan Sungai DAM bagi Masyarakat Desa Pondokrejo

24 Juli 2021   07:44 Diperbarui: 24 Juli 2021   18:07 169 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Manfaat Keberadaan Sungai DAM bagi Masyarakat Desa Pondokrejo
Ilustrasi sungai menjadi tempat beraktivitas warga. Foto: Kompas.com/Kristanto Purnomo

"Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alamnya yang melimpah, sehingga kita harus berusaha menjadi warga yang baik dengan menjaga kelestarian lingkungan alam yang kita cintai, termasuk menjaga sungai yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia"

Sungai merupakan bagian penyeimbang alam ini, keberadaannya memberi begitu banyak manfaat bagi kehidupan manusia, sehingga keberadaannya harus di jaga dan dilestarikan.

Bicara tentang konsteks sungai banyak kita temui di berbagai daerah di Indonesia yang sudah tercemari karena ulah manusia sendiri,dan tidak sedikit pula sungai di jadikan bak sampah besar yang kerapkali masyarakat seenaknya membuang sampah dan membuat lingkungan sungai tercemari, bahkan hewan-hewan di dalam sungai sudah banyak yang punah gegara sampah menggenang dimana-mana.

Disamping banyak sungai yang sudah tercemari oleh perilaku manusia, namun juga tidak sedikit sungai yang masih di rawat dsn dijaga keberadaannya, karena masih  dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat mandi dan mencuci baju.

Sedikit cerita tentang sungai yang ada di sekitar kita yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Sungai kecil yang berada di desa Pondokrejo, kecamatan Tempurejo, kabupaten Jember, merupakan sungai yang aliran sunbernya dari pegunungan, tentu saja airnya sangat jernih dan setiap tahun selalu di manfaatkan untuk mandi dan mencuci baju oleh masyarakat.

Sungai DAM, itulah yang sering disebut oleh masyarakat, karena sungai tersebut memang ada bendungannya, yang sengaja di buat oleh PTPN 12, sejak zaman kolonial Belanda.

Bendungan yang di buat oleh Belanda ketika menjajah bangsa kita, sampai sekarang masih dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mandi dan mencuci baju, apalagi di musim kemarau panjang, yang setiap tahun daerah kami ini memang sering dilanda kekeringan

Sungai DAM yang mengalir dari gunung, dan melewati PTPN 12 kebun Glantangan di hulu airnya jernih dan bersih, sementara di hilir airnya kotor karena tercemari limbah getah karet yang memang sengaja sebagai tempat pembuangan limbah karet oleh pabrik pengolahan karet, sehingga di hilir tidak bisa di manfaatkan untuk mandi dan mencuci, namun dihilir lebih banyak di manfaatkan untuk mengairi sawah, karena masyarakat desa pondokrejo mata pencahariannya menjadi buruh lepas di perkebunan dan pertanian.

Oleh karena itu setidaknya ada lima manfaat keberadaan sungai yang ada di lingkungan masyarakat desa pondokrejo

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x