Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Faisol, lahir di Jember jawa- timur. Pekerjaan Menjadi kuli tinta dan berupaya menerjemahkan ayat-ayat Ilahiah dalam realitas kosmos untuk menjadi serangkaian kalimat yang bisa dipahami, dimengerti dan semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang membacanya. Bergerak di Yayasan Raudlotul Muhlisin dalam Bidang Sosial, Keagamaan, Dan Kemanusiaan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Umur 25 Masa Produktif untuk Mencapai Suatu Harapan

11 Mei 2021   21:28 Diperbarui: 11 Mei 2021   21:41 83 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Umur 25 Masa Produktif untuk Mencapai Suatu Harapan
Ilustrasi : www.idntimes.com

Setiap makhluk hidup yang ada dimuka ini, pasti akan mengalami pertumbuhan, dan perkembangan, tidak terkecuali manusia, yang setiap hari akan mengalami fase tersebut.

 Dilansir dari kompas.com, setidaknya ada 8 fase pertumbuhan dan perkembangan manusia, sejak dimulainya suatu kehidupan.

Pertama : Fase Prenatal, pada fase ini, merupakan pertama mulainya pertumbuhan dan perkembangan, sejak bertemunya sel telur dengan ovum yang kemudian membentuk embrio, mulai dari Minggu pertama sejak pembuahan, pertumbuhan dan perkembangan itu terjadi dalam rahim seorang ibu. Baru setelah 16 Minggu embrio atau di sebut juga dengan zigot, sudah berbentuk manusia, dengan dilengkapi kepala, mata, hidung, telinga, mulut,tangan, tubuh, dan kedua kaki, pada waktu umur 16 Minggu, atau 4 bulan tersebut, anak sudah terbentuk dan ditiupkannya ruh, sehingga mereka bisa mendengar, bernafas, dan bergerak, sehingga ibu hamil sangat dituntut untuk selalu sehat, supaya janin yang dikandung pertumbuhan dan perkembangannya berjalan normal.

Fase kedua : Pada fase ini pertumbuhan dan perkembangan manusia pada masa kanak-kanak, atau fase pasca lahir ini, orang tua di tuntut untuk memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak, mulai dari pertumbuhan dan perkembangan secara fisik, maupun psikis, dalam hal ini, orang tua. Harus lebih ekstra menjaga, mendidik, dan membimbing anak, supaya bertumbuh kembang sesuai dengan minat dan bakat yang hendak di capai.

Dimana fase anak-anak di dimulai sejak umur 2 sampai dengan 6 tahun, dimana tidak hanya pada aspek fisik dan psikis juga, namun perlu diperhatikan pertumbuhan dan perkembangan otak anak- anak, dimana anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan lingkungan yang melatarbelakanginya, karena pada masa tersebut anak sebagai peniru dan penghafal tercanggih, hal ini di sebut dengan fase ini dikenal sebagai early childhood. Sehingga orang tua harus lebih cermat mendidik anak- anak sesuai kapasitas yang dimilikinya.

Fase ketiga : pada masa ini adalah fase anak-anak tahap akhir yang dimulai sejak umur 6 tahun sampai dengan 11 tahun. Pada fase ini anak sudah di ajari dengan berbagai macam keterampilan, mulai dari belajar membaca, menulis, menggambar, mewarnai, serta diajari skil untuk berbicara.

Tahap akhir anak ini yang perlu di perhatikan dengan sungguh-sungguh baik oleh orang tua maupun tenaga pendidik, adalah tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak pada aspek Kognitif, Afektif, dan psikomotorik.

Fase keempat : Adalah pertumbuhan dan perkembangan manusia memasuki masa pubertas yang di mulai dari umur 10 / 12 tahun, sampai dengan 18 /22 tahun. Hak tersebut mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda antar manusia. Misalnya bagi anak laki-laki bisa di lihat dari perubahan fisik dengan bertambah melebarnya dada, mimpi basah dan lain sebagainya, sementara bagi perempuan di tandai dengan di mulainya menstruasi.

Fase kelima: Pada pertumbuhan dan perkembangan anak antara umur 18 sampai dengan 18 tahun, dimana fase masa pubertas dan akan memasuki masa dewasa. Pada masa transisi ini perlu menjadi perhatian yang sungguh- sungguh bagi orang tau maupun pendidik, karena masa transisi ini, menjadi gelombang gejolak jiwa. Dimana anak pada umur tersebut sudah mulai paham untuk mengenal lawan jenis masing-masing.

Fase ke enam : ini tahapan manusia masuk dalam kategori dewasa awal, yang dimulai dari umur 18 tahun hingga 40 tahun. Pada masa ini tidak hanya pertumbuhan dan perkembangan fisik saja yang berubah, namun cara berpikirnya yang sudah harus lebih dewasa, hal tersebut sudah menjadi kategori secara umum, kecuali ada pertumbuhan dan perkembangan yang tidak sesuai dengan lazimnya, sehingga pertumbuhan dan perkembangan yang tidak lazim tersebut, tentu saja harus ada penanganan yang berbeda, sehingga anak dengan pertumbuhan yang tidak lazim tersebut juga mampu mencapai apa yang menjadi suatu harapan dan cita-citanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN