Mohon tunggu...
Akbar Syah
Akbar Syah Mohon Tunggu... Mahasiswa

21-02-01 Tanjung morawa dusun IV DESA TANJUNG BARU

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kisah Pancasila

11 Desember 2019   12:46 Diperbarui: 11 Desember 2019   12:59 3 0 0 Mohon Tunggu...

Minimnya pemahaman terhadap pancasila sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara membuat anak muda rentan dipecah belah. Oleh karena itu nilai-nilai keraifan pancasila di pandang perlu dibumikan kembali di tengah-tengah kaum muda unuk menguatkan semangat persatuan.

A. PENGERTIAN PANCASILA

PANCASILA adalah ideologi negara yang terdiri dari dua kata sansakerta: panca berarti lima dan sila  berarti prinsip atau asas. merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa  dan negara bagi seluruh rakyat indonesia
walaupun banyak sekali mengalami perubahan kandungan dan penyusunan lima sila dalam beberapa tahap selama masa perumusan pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 juni diperingati sebagi hari lahirnya pancasila.
dan apa yang di maksud dengan pancasila di era reformasi?? mari kita lihat penjelasannya.

B. PANCASILA PADA ERA REFORMASI

PANCASILA pada era reformasi ini,awalnya memang tidak nampak suatu dampak negatif yang berarti, namun semakin hari dampaknya makin terasan dan berdampak sangat fatal terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara indonesia.

Masyarakat kehilangan kendali atas dirinya,akibatnya terjadi konflik konflik horisontal dan vertikal secara masif dan pada akhirnya melemahkan sendi-sendi persatuandan kesatuan bangsa negara indonesia , dan kesadaran masyarakat atas keseluruhan  budaya bangsa dan negara indonesia mulai luntur,yang pada akhirnya terjadi disorientasi kepribadian bangsa yang diikuti dengan rusaknya moral generasi muda.

Pada saat orde baru tumbang,muncul fobia terhadap pancasila,dasar negara itu untuk sementara waktu seolah dilupakan karena hampir selalu identik dengan rezim orde baru, dasar negara itu berubah menjadi ideologi tunggal satu-satunya sumber nilai serta kebenaran, negara menjadi maha tahu mana yang benar dan mana yang salah, nilai-nilai itu selalu ditanam kebenak masyarakat melalui indoktrinasi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x