Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar | Pendidikan Sepanjang Hayat

Bukan Sensasi Tapi Esensi. Alam takambang jadi guru | Pernah menjadi relawan KSR PMI Jogja, Chief storekeeper di Lombok, Operational-admin staff di MNC Payakumbuh | Pemerhati dunia edukasi, pendidikan agama, parenting dan psikologi anak, sosial budaya dan lifestyle | Bagian dari buku kolaborasi Kompasiana: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Let inspired to inspiring πŸ‘

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Meneladani Nabi Muhammad SAW, Tantangan Guru Membina Akhlak Generasi

8 Oktober 2022   00:05 Diperbarui: 8 Oktober 2022   09:08 1052 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswa bersholawat, pidato dan membacakan puisi tentang Nabi Muhammad SAW (Foto: Akbar Pitopang)

Peringatan Maulid Nabi atau kelahiran Nabi Muhammad SAW pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal bertepatan dengan tanggal 8 Oktober 2022.Β 

Peringatan Maulid Nabi merupakan hari libur nasional sehingga pada hari tersebut tidak ada aktivitas di sekolah dan instansi pemerintah.

Walau demikian, khususnya di sekolah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus selalu digelar untuk menanamkan kembali rasa cinta dan untuk meneladani akhlak mulia dari Rasulullah SAW.

Kebetulan di sekolah kami sendiri menjadikan hari Jum’at sebagai kegiatan IMTAQ (iman dan taqwa) bagi seluruh siswa terutama bagi siswa beragama Islam.

Biasanya untuk kegiatan Imtaq yang dilakukan berupa shalat dhuha berjama’ah, hafalan surah pendek pada juz 30, latihan praktek shalat, serta membaca surah yasin secara bersama-sama.

Maka untuk Jum’at (7/10) yang kemarin, kegiatan imtaq dikhususkan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksakan salah satu sekolah dasar di Kota Pekanbaru pada Jum'at (7/10/2022) - Foto: AkbarPitopang
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksakan salah satu sekolah dasar di Kota Pekanbaru pada Jum'at (7/10/2022) - Foto: AkbarPitopang

Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) di sekolah kami telah merancang urutan kegiatan atau acara apa saja yang akan dibawakan untuk acara peringatan Maulid Nabi tahun ini.

Selain acara inti yakni ceramah agama tentang Maulid Nabi yang disampaikan oleh guru PAI. Acara ini juga diisi dengan penampilan bakat dari siswa seperti membawakan sholawat, pidato, puisi bahkan pantun yang berisi materi tentang bagaimana meneladani akhlak Rasulullah SAW untuk pengamalan dalam kehidupan di dunia ini.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang telah dilakukan di sekolah kami kemarin, bertujuan untuk menanamkan akhlak yang mulia kepada seluruh siswa maupun guru dan warga sekolah sesuai dengan tuntunan dari Rasulullah SAW.

Urgensi Peringatan Maulid Nabi untuk Keteladanan Akhlak Rasulullah SAW bagi Siswa

Memperingati Maulid Nabi atau hari lahirnya Nabi Muhammad SAW ke dunia ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan dicermati secara terus-menerus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan