Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar | Pendidikan Sepanjang Hayat

Best Teacher Kompasiana Award 2022 | Penulis Buku Kolaborasi Kompasianer: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | S1 Manajemen Pendidikan - Akbar Fauzan, S.Pd.I | Ex: Relawan KSR PMI Jogja, Operation-Admin Staff MNC Payakumbuh, Chief Storekeeper di Lombok | Pemerhati dunia edukasi dan pendidikan agama, parenting dan dunia anak, sosial budaya dan lifestyle | Bukan sensasi tapi esensi πŸ‘

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar): Tingkatkan Kualitas Guru dalam Pembelajaran

12 September 2022   11:18 Diperbarui: 17 September 2022   13:46 563 43 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi guru dan siswa dalam lingkungan belajar (KOMPAS/RIZA FATHONI)

Beberapa waktu yang lalu para guru di sekolah kami telah melakukan pengisian Survei Lingkungan Belajar yang ditaja oleh Kemendikbud.

Pengisian Survei Lingkungan Belajar ini bertujuan untuk melihat sejauh mana upaya guru untuk menghadirkan pembelajaran yang berkualitas dan mengakomodir kebutuhan murid dalam berbagai aspek penting.

Selain itu pula pada Survei Lingkungan Belajar ini berisi pertanyaan-pertanyaan menyangkut isu-isu sosial kekinian yang dapat terjadi di lingkungan sekolah.

Survei Lingkungan Belajar ini ditujukan memang untuk seluruh guru tanpa terkecuali. pemantauan progres pengisian dapat dipantau langsung oleh operator sekolah. Sehingga tidak akan ada satu pun guru yang akan luput dari perhatian untuk pengisiannya.

Terdapat beberapa paket soal untuk pengisian form Survei Lingkungan Belajar ini. setiap guru akan mendapatkan paket pertanyaan yang berbeda.Β 

Untuk kami sendiri kemarin mendapat paket C dengan jumlah nomor pengisian sebanyak 96 pertanyaan.

Diawali dengan pertanyaan mengenai kondisi siswa dalam proses pembelajaran.

Ada pertanyaan tentang seperti apa manajemen waktu siswa ketika hendak berangkat ke sekolah. Apakah banyak siswa yang terlambat datang ke kelas.

Selanjutnya ada juga pertanyaan tentang bagaimana upaya guru dalam menyemangati dan memberikan motivasi belajar kepada siswa.

Apakah siswa fokus belajar karena guru selalu bersemangat mengajar di dalam kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan