Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar | Pendidikan Sepanjang Hayat

Best Teacher Kompasiana Award 2022 | Penulis Buku Kolaborasi Kompasianer: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | S1 Manajemen Pendidikan - Akbar Fauzan, S.Pd.I | Ex: Relawan KSR PMI Jogja, Operation-Admin Staff MNC Payakumbuh, Chief Storekeeper di Lombok | Pemerhati dunia edukasi dan pendidikan agama, parenting dan dunia anak, sosial budaya dan lifestyle | Bukan sensasi tapi esensi πŸ‘

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Plus Minus Belajar di Sekolah Berbasis Asrama Sesuai Pengalaman Pribadi

9 September 2022   00:08 Diperbarui: 9 September 2022   07:23 988 50 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sekolah asrama. (sumber: pixabay.com/photosforyou)

Β 

Keberadaan sekolah berbasis asrama (boarding school) memiliki banyak manfaat dan keunggulan.

Sekolah berbasis asrama memiliki keleluasaan dalam proses mendidik peserta didiknya dengan adanya pengawasan karena mereka tinggal di asrama.

Sekolah berbasis asrama (boarding school yang di Indonesia identik dengan sebutan pesantren ini bertujuan untuk membangun karakter murid menjadi lebih mandiri dan siap untuk berjuang menghadapi kerasnya dunia di masa depan.

Banyak diantara orangtua yang sengaja dengan penuh kesadaran menyekolahkan anaknya di sekolah berbasis asrama atau pesantren ini.

Baik yang lokasinya masih berada di daerah yang sama dengan alamat tempat tinggal orangtua maupun beda daerah atau bahkan beda pulau.

Hal itu tidak menjadi sebuah masalah bagi orangtua karena yang terpenting adalah bagaimana anaknya bisa bertransformasi menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan bekal dan keterampilan yang telah disiapkan oleh tempat ia menimba ilmu yakni di sekolah berbasis asrama.

Eksistensi sekolah berbasis asrama terus eksis hingga kini. Sejak dahulu hingga kini keberadaan sekolah-sekolah berbasis asrama tetap diminati oleh para orangtua untuk menyekolahkan anak-anaknya.

Bahkan ada sekolah berbasis asrama atau pesantren yang telah berumur sangat lama yang sudah berdiri sejak masa kolonial.

Tapi kenyataannya adalah sekolah berbasis asrama ini tetap memiliki tempat di hati para orangtua. Itu artinya bahwa sekolah-sekolah berbasis asrama atau pesantren ini sudah menampakkan citra yang baik selama ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan