Mohon tunggu...
Akbar Ginandar
Akbar Ginandar Mohon Tunggu... Guru - English Teacher in SMAN 14 MALINAU

Topik Pembelajaran Inovatif Abad 21

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

TULISAN ILMIAH BEST PRACTICE MENGGUNAKAN METODE SITUATION (SITUASI), TASK (TANTANGAN), ACTION (AKSI) DAN RESULT (HASIL)

7 Desember 2022   01:15 Diperbarui: 23 Desember 2022   20:10 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lokasi                              : SMA NEGERI 14 MALINAU

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas

Sasaran                           : Peserta Didik Kelas XII MIPA 1 SMA NEGERI 14 MALINAU Tahun Ajaran 2022-2023

Tujuan yang ingin dicapai:

Peserta didik memiliki kemampuan menulis (writing skill) yang lebih baik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Saintifik-TPACK model Problem-Based Learning menggunakan metode  Think-Pair-Share berbantuan media YouTube.

Penulis  : Akbar Ginandar, S. Pd.

Tanggal: 17 November 2022

SITUASI:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:

Setelah dilakukan pengamatan terhadap hasil belajar peserta didik yang menunjukkan rendahnya kemampuan menulis (writing skill) peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, maka penulis melakukan kajian literasi hasil penelitian yang relevan dan terpercaya, serta melakukan wawancara kepada pakar dan guru Bahasa Inggris untuk mengetahui akar penyebab masalah rendahnya kemampuan menulis (writing skill) peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Dari hasil kajian literasi dan wawancara maka dapat disimpulkan beberapa akar penyebab masalah, yaitu:

  • Model pembelajaran yang belum menerapkan model-model pembelajaran inovatif, rangkaian kegiatan pembelajaran di kelas bersifat teacher-centered yang monoton menyebabkan peserta didik menjadi pasif dan kurang melatih kemampuan menulisnya (writing skill)
  • Teknik ceramah yang dilakukan oleh guru membantu peserta didik memahami materi ajar namun kurang efektif dalam memberikan waktu kepada peserta didik untuk aktualisasi dan mempraktekkan kemampuan menulisnya (writing skill)
  • Media pembelajaran yang masih konvensional dan kurang interaktif belum mampu meningkatkan motivasi belajar dan rasa ingin tahu peserta didik era Abad 21. 

Praktik Baik (Best Practice) ini menjadi penting untuk dibagikan karena permasalahan yang dihadapi penulis juga menjadi masalah bagi guru/pengajar di banyak sekolah-sekolah maupun di lembaga pendidikan non-formal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun