Mohon tunggu...
Akbar Febriyansyah
Akbar Febriyansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa, Photographer, Freelancer

Mahasiswa Akuntansi Syariah yang ingin mulai menulis apapun yang ada di kepalanya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Etika-etika Profesi Auditor dalam Perspektif Nilai Islam

18 November 2020   16:53 Diperbarui: 18 November 2020   17:00 468 0 0 Mohon Tunggu...

Asalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa manusia adalah makhluk sosial. Yang mana manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup sendirian di muka bumi ini. Manusia pasti membutuhkan suatu interaksi antar manusia yang satu dengan manusia yang lain. Manusia juga pasti membutuhkan interaksi dengan manusia lain dalam tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, atau pun dalam tujuan untuk meminta tolong.

Dalam konteks untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, bisa dengan contoh, saat kita lapar dan kita ingin memasak semisal ayam goreng, pasti kita membutuhkan kehadiran peternak ayam dan penjual ayam potong pastinya untuk memenuhi kebutuhan kita yang ingin memasak ayam goreng tadi. Sebetulnya kita masih bisa untuk beternak sendiri, tetapi mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama, sementara kebutuhan kita harus dipenuhi saat itu juga.

Dalam konteks untuk meminta tolong, bisa dengan contoh, kita pasti sepakat bahwa kita adalah manusia biasa yang tidak bisa mengerjakan semua hal di dunia ini. Seperti saat atap di rumah kita bocor, pasti kita membutuhkan seorang tukang yang bisa memperbaiki atap rumah kita yang sedang bocor tersebut.

Dari dua contoh diatas sudah membuktikan bahwa manusia pasti tidak akan pernah bisa untuk hidup sendirian di muka bumi ini, dan pasti kita membutuhkan kehadiran orang lain di dalam hidup kita. Dan kalau kita membutuhkan orang lain dihidup kita, pastinya kita harus hidup bersosial dengan sesama manusia.

Dalam hidup bersosial bersama dengan manusia-manusia lain tentu nya ada yang namanya etika dalam bersosialisasi. Apa itu etika ?

Dilansir dari laman Pendidikan.co.id , pengertian etika secara umum adalah suatu perilaku atau norma yang bisa digunakan seseorang sifat yang baik dan buruk atau bersikap sopan santun dalam berbicara merupakan kewajiban seseorang bertanggung jawab.

Di dalam Islam, etika ini sering dikaitkan dengan kata "Akhlak". Pengertian dari Akhlak adalah wujud budi pekerti yang melekat dan dilaksanakan oleh orang Islam dan berdasarkan dari sumber ajaran Islam, yakni Al-Quran dan As-Sunnah.

Namun sebenarnya terdapat perbedaan diantara dua kata ini. Secara singkatnya, akhlak ini lebih cenderung pada pengertian "nilai baik dan buruk dari setiap perbuatan manusia, sedangkan etika mempelajari tentang baik dan buruk". Jadi, secara singkat, bisa dikatakan bahwa etika berfungsi sebagai teori dan perbuatan baik dan buruk (ethics atau 'ilm al-akhlaq) dan moral (Akhlaq) adalah praktiknya.

Etika juga mempunya beberapa ciri-ciri, yakni sebagai berikut :

  • Etika tetap berlaku meskipun tidak ada orang lain yang menyaksikan.
  • Etika sifatnya absolut atau mutlak.
  • Etika terdapat cara pandang dari sisi batin seseorang yang mempilih perilaku baik maupun buruk.
  • Etika sangat berkaitan dengan perbuatan atau perilaku seseorang baik maupun buruk.

Kemudian etika secara khusus dibagi menjadi 2 macam yakni :

  • Etika Individu
  • Etika individu secara sederhana dapat diartikan sebagai segala hal yang menyangkut mengenai kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri.
  • Contohnya dapat berupa kesadaran diri kita sendiri dalam menjaga kesehatan fisik maupun batin, menjaga kerapihan diri sendiri dan lain-lain.
  • Etika Sosial
  • Etika sosial secara sederhana dapat diartikan sebagai segala hal yang menyangkut kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia terhadap manusia lainnya.
  • Contohnya dapat berupa selalu berperilaku terhadap tetangga-tetangga yang ada dilingkungan tempat tinggal, dan juga etika mengenai tidak boleh berbicara kasar dan keras terhadap seseorang yang umurnya lebih jauh diatas kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x